PALEMBANG — Sirkuit MotoGP yang bakal dibangun di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) diperkirakan bakal menghabiskan dana Rp 500 miliar.

Hal tersebut diungkapkan, Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Sabtu (18/03). Menurut orang nomor satu di Sumsel ini, total dana pembangunan sirkuit moto gp saat ini masih dihitung dan belum ada keputusan final.

“Lebih kurang segitulah (Rp 500 miliar) tapi masih diitung, lebih dikit dak masalah,” ungkap kakek dua orang cucu ini.

Alex Noerdin memastikan untuk pembangunan sirkuit moto gp yang berlokasi di kawasan Jakabaring Sport City tersebut tidak akan menggunakan dana APBD Sumsel sepeser pun.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Sumsel, Basyaruddin menjelaskan, dana tersebut merupakan dana dari pihak ketiga yang nantinya berbentuk Build Operate Transfer (BOT). Untuk lahan yang akan digunakan yakni sekitar 120 hektar dan untuk saat ini belom ada pembebasan lahan. Dirinya juga menjelaskan bahwa pihaknya masih menunggu keputusan dari Dorna selaku official dari MotoGP. Begitupun, untuk desainnya sendiri juga masih menunggu dari konsultan untuk panjangnya dan luasnya.(juniara)

Artikel Terkait