PALEMBANG — Meski akan kembali menghadapi lawan tangguh di babak semifinal, namun pelatih Sriwijaya FC Hartono Ruslan menyebut timnas U19 Indonesia tidak perlu takut saat bersua Thailand, Jumat (15/9) sore di Myanmar. Timnas Garuda Nusantara disebut Hartono sejauh ini telah tampil atraktif dan layak lolos ke babak 4 besar Piala AFF U18 2017.

“Saya beberapa kali menonton permainan mereka, dan timnas U19 layak lolos ke semifinal karena bermain sangat bagus. Wajar bila ada harapan besar yang kini dibebankan ke pundak anak muda tersebut,” ujarnya saat ditemui usai sesi latihan di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Kamis (14/9) sore.

Menurutnya, timnas U19 punya kelebihan di daya ledak lini depan yang sejauh ini sudah mencetak 19 gol selama putaran grup lalu. “Secara kemampuan tim cukup merata, tapi harus diakui Eggy Maulana Vikri dan Sadil Ramdani punya kelebihan yang nanti harus dimaksimalkan,” jelasnya.

Menghadapi Thailand sendiri, pelatih asal Solo ini menyebut faktor mental akan sangat berpengaruh dan menjadi faktor kunci nantinya. “Mereka harus bermain lepas, tidak boleh tegang dan terus percaya diri dengan kemampuan sendiri, fokus selama 90 menit,” pesannya.

Diakuinya, saat babak penyisihan dan kalah telak 0-3 dari Vietnam, timnas muda Indonesia tersebut sedikit lengah. “Mereka terus menyerang, namun lengah saat bertahan dan kebobolan dengan proses yang seharusnya bisa diantisipasi,” tambahnya.

Sementara itu, pemain SFC yang juga jebolan timnas U19 Ichsan Kurniawan menyebut Thailand sebagai lawan tangguh namun bukan tanpa kelemahan. “Pemain hanya perlu berkosentrasi dan menjalankan taktik serta strategi yang sudah disiapkan oleh tim pelatih. Setelah itu, terus bekerja keras sepanjang pertandingan, saya pikir tidak ada tim yang lebih diunggulkan dan siapa yang lebih siap nanti yang akan keluar menjadi pemenang,” ujarnya singkat. (dedi)

Artikel Terkait