Meski baru bergabung dalam 1 kali sesi latihan, namun kondisi fisik pemain anyar Sriwijaya FC Mauricio Leal mendapat pujian dari pelatih Widodo C Putro. Namun pihaknya mengaku tidak menggaransi pemain asal Brasil ini akan langsung diturunkan saat laskar wong kito menantang tuan rumah Bhayangkara Surabaya United, Minggu (22/5) mendatang di stadion Gelora Delta Sidoarjo.

“Kebugarannya cukup baik dan sejak tiba di Palembang, Senin (16/5) kemarin, Mauricio langsung melakukan latihan fisik bersama fisioterapis di Sport Science Jakabaring. Tetapi kita akan terus memantau perkembangannya beberapa hari kedepan,” ujar pelatih SFC, Widodo C Putro saat ditemui usai sesi latihan di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Rabu (18/5) sore.

Walau punya postur yang sangat ideal untuk menjadi benteng pertahanan SFC, namun Widodo menyatakan bahwa Mauricio tetap harus beradaptasi terlebih dulu dengan pemain lainnya dan strategi yang akan dikembangkan nantinya. “Fisiknya oke, tetapi dia punya kendala di adaptasi. Apalagi Mauricio hanya bisa berbahasa Portugis, namun sejauh ini ada Hilton dan Beto yang bisa membantu menterjemahkan taktik atau strategi di lapangan,” tambahnya.

Sementara itu, manajemen SFC mengatakan bahwa perkembangan Mauricio akan terus dipantau dan laga melawan BSU (22/5) akan menjadi ujian pertama pemain yang terakhir memperkuat Uniclinic Brasil tersebut. Hal ini tidaklah mengejutkan mengingat sebelumnya SFC pernah punya pengalaman buruk saat merekrut pemain asing.

Sewaktu turnamen Piala Jenderal Sudirman, SFC sempat dianggap melakukan panic buying sewaktu merekrut Simone Quintieri asal Italia. Simoe yang sebelumnya digadang-gadang akan menjadi penyerang tangguh di lini depan terbukti melempem dan dilepas sewaktu babak penyisihan grup belum berakhir. “Hal itu kita jadikan pelajaran dan sekarang semua perekrutan pemain dilakukan dengan sangat teliti. Namun kita punya keyakinan bahwa Mauricio nantinya kedepan dapat memperkuat lini pertahanan SFC,” ujar sekretaris tim SFC, Achmad Haris. (deddy)

Artikel Terkait