Meski termasuk pemain yang dipertahankan, namun Sriwijaya FC dipastikan gagal menggunakan jasa Achmad Hisyam Tolle untuk musim 2016. Pasalnya, secara mendadak klub asalnya yakni Pusamania Borneo FC memutuskan untuk menarik pulang pemain asal Makassar tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh sekretaris tim SFC, Achmad Haris usai sesi latihan laskar wong kito, Jumat (22/1) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Menurutnya, manajemen PBFC memang sudah menghubungi pihak SFC dan menjelaskan mengenai ditariknya kembali Achmad Hisyam Tolle ke klub asal Samarinda ini.

“Sebenarnya, Tolle berdasarkan evaluasi tim termasuk pemain yang dipertahankan dan sejak awal Desember lalu surat peminjaman sudah kita layangkan ke manajemen PBFC. Saat itu responnya positif dan kita pun secara lisan sudah mendapatkan persetujuan untuk kembali memakai jasanya di turnamen Piala Gubernur Kaltim nanti,” jelas Haris.

Namun belakangan, usai hasil di babak semifinal Piala Jenderal Sudirman dan adanya pergantian posisi pelatih kepala di PBFC, maka manajemen Pesut Etam merubah keputusan tersebut. “Pelatih kepala PBFC sekarang adalah Tony Ho, beliau menginginkan jasa Achmad Hisyam Tolle di dalam skuadnya. Tentu SFC harus menghormati keputusan tersebut walau sebenarnya dirinya juga masuk dalam rencana kita kedepannya,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih kepala SFC Beny Dollo mengaku sudah diberitahu mengenai masalah ini dan menyerahkan semua kepada jajaran manajemen PT SOM. “Jika melihat kualitasnya, Tolle memang layak masuk SFC dan dia pemain muda yang punya prospek cerah. Namun sekali lagi, aturan tetap harus kita hormati,” ujarnya singkat.

Sosok Tolle sendiri sudah tidak terlihat di sesi latihan yang digelar Jumat (22/1) sore di stadion GSJ. “Saya sudah pamit ke manajemen SFC, pukul 17.00 WIB saya pulang ke Samarinda. Walau sebentar, namun saya senang bisa bergabung dengan SFC, salah satu.tim besar di Indonesia” ungkap Tolle yang saat dihubungi mengaku tengah dalam perjalanan meninggalkan Palembang.

Artikel Terkait