Manajemen Felcra FC angkat suara mengenai keputusannya menerima tawaran uji coba internasional melawan Sriwijaya FC, Kamis (15/3) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang. Beberapa pihak memang sempat mempertanyakan motif dan alasan klub asal Malaysia ini ke Palembang mengingat kompetisi sepakbola di negeri Jiran ini sudah bergulir sejak Februari lalu.

Mohd Rosedy bin Mohd Nadzir Ahmad selaku koordinator tim Felcra FC menyebut pihaknya memang punya sejumlah alasan khusus menerima tawaran uji coba ini. Selain untuk menambah jam terbang dan pengalaman anak asuhnya di level internasional, Rosedy juga menyebut liburnya kompetisi sepakbola di Malaysia juga menjadi pertimbangan lainnya.

“Saat ini kompetisi di Malaysia tengah libur cukup lama karena sedang ada kalender resmi FIFA sehingga banyak ada pertandingan yang melibatkan timnas Malaysia, tentu kami harus mematuhi dan mendukung program ini,” ungkapnya saat ditemui Rabu (14/3) siang.

Dijelaskannya, David Laly dkk terakhir bertanding pada 10 Maret lalu saat melawat ke kandang UiTM dan baru akan memulai kompetisi lagi 29 Maret mendatang. “Ada jeda yang cukup lama karena memang ada 2 laga internasional timnas yang masuk kalender resmi FIFA, karena kekosongan tersebut maka kami putuskan uji coba melawan SFC di Palembang,” bebernya.

Hal terbalik justru terjadi di Indonesia, dimana kompetisi Liga 1 Indonesia bergulir tepat dimana kalender resmi FIFA tengah menggelar sejumlah laga internasional. Kondisi ini pun membuat tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini terancam akan kehilangan sejumlah pilarnya di 2 laga awal kompetisi Liga 1 Indonesia 2018.

Salah satunya adalah Manucechr Dzalilov yang sudah mendapat panggilan resmi dari timnas Tajikistan yang akan berlaga di kualifikasi Piala Asia 2019 melawan Filipina (27/3) mendatang. “Surat resmi dari Federasi Sepakbola Tajikistan telah kira terima, mereka meminta izin dan meminta Dzalilov bergabung dari tanggal 18-29 Maret nanti, karena ini masuk dalam kalender resmi FIFA maka klub wajib melepasnya,” jelas Faisal Mursyid, sekretaris PT SON saat dikonfirmasi.

Selain Dzalilov, dua pemain lokal yakni Syahrian Abimanyu dan Zulfiandi juga mendapat panggilan serupa. Keduanya akan absen dari tanggal 16-22 Maret karena memperkuat timnas U23 melawan timnas Singapura di laga away 21 Maret mendatang.

Pelatih SFC, Rahmad Darmawan berharap kedepan hal seperti mendapat perhatian dari seluruh elemen pelaku sepakbola di tanah air. “Idealnya memang setiap ada FIFA Match Day, kompetisi diliburkan agar baik timnas maupun klub tidak ada yang dirugikan,” ujarnya singkat.

Artikel Terkait