PALEMBANG — Agar Bhinneka Tunggal Ika yang telah disepakati bisa tetap terjaga, dan Indonesia dapat menjadi bangsa majemuk yang besar, kuat dan solid. Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman SH MM, menghimbau dan mengajak masyarakat Sumatera Selatan untuk terus menjaga sikap kebersamaan serta selalu menjaga Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutnya Jenderal bintang dua ini, hal itu penting dicermati bersama. Oleh karena itu, sebagai bentuk keseriusan menjaga kebersamaan, jajaran kodam II Sriwijaya juga telah melakukan berbagai kegiatan baik yang menyangkut tugas sebagai TNI.
“Kita juga telah melaksanakan Istighosah bersama yang dilaksanakan bertujuan bermuhasabah, berserah diri, meminta pertolongan serta perlindungan kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia senantiasa aman dan damai serta terhindar dari konflik dan perpecahan.” ungkapnya.

Menurutnya dengan kondisi negara yang masyarakatnya majemuk dan dipersatukan dalam Landasan Ideologi Pancasila yang memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu, dimaknai meskipun berbeda agama, suku, ras dan golongan, namun satu kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah hal yang menjadi keharusan untuk tetap dijaga.

“Negara menjamin dan melindungi hak warga negaranya untuk melaksanakan haknya dalam bingkai kemajemukan atau pluralisme, kita tidak ingin kita terpecah karena kita tidak menghormati keberagaman itu,” ucapnya.

Sudirman berharap, agar kedepannya keberagaman dan perbedaan tidak menjadi sumber konflik, namun hendaknya bisa menjadi pelengkap atas kekurangan dan kelebihannya masing-masing dalam mencapai kemajuan bangsa.

“Kita sama-sama berharap negara kita selalu diberikan kedamaian, kerukunan dan ketentraman,” tutupnya (juniara)

RelatedPost