PALEMBANG — Tim Cyber Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreakrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di kantor Dinas Pendidikan Sumsel, Kamis (20/7).

OTT yang dipimpin langsung oleh Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel, Kombes Pol Prasetijo Utomo menduga adanya tindakan pungutan liar (Pungli) terkait sertifikasi guru.

“Kita mendapatkan informasi dari beberapa guru yang melakukan pendataan tentang tunjangan profesi guru, dan mereka melakukan ini dengan mengumpulkan data-data tersebut di ruang sertifikasi tersebut, ucap Prasetijo saat diwawancarai di Disdik Sumsel.

Prasetiji mengungkapkan, pihaknya mendapatkan informasi adanya dugaan pungli tersebut dari beberapa guru yang sedang melakukan pengurusan sertifikaai.

“Beberapa guru menginformasikan memberikan sejumlah uang kepada petugas yang melakukan pengumpulan data tersebut. Itu saja sementara, nanti akan dijelaskan oleh Bapak Kapolda secara langsung,” singkatnya.

Dari pantauan, ruang sertifikasi yang berada di Disdik Sumsel sudah dipasang garis polisi. Dan sampai saat ini proses pemeriksaan OTT masih berlangsung, serta siapa saja yang terlibat dalam OTT belum diketahui. (Juniara)

RelatedPost