PALEMBANG — Meski meraih kemenangan tipis 1-0 atas Cilegon United, Selasa (28/3) sore di stadion Krakatau Steel, namun pelatih Sriwijaya FC menyebut Teja Paku Alam dkk masih punya banyak PR yang harus dikerjakan kedepannya. Salah satunya pemahaman antar pemain di lapangan selama 90 menit.
“Saya senang karena mental tidak ingin kalah di setiap pertandingan terlihat di laga ini. Walau uji coba mereka tetap serius dan tadi sampai Hilton dikartu kuning karena protes karena kecewa keputusan wasit. Saya baru sehari bergabung disini dan senang seluruh pemain antusias berlatih,” ujar pelatih asal Brasil ini.
Menurutnya, di laga ini dirinya bersama asisten Hartono Ruslan memang ingin melihat anak asuhnya berani dalam memainkan bola dan menciptakan peluang. “Saya tekankan ke gelandang untuk lebih aktif, tidak takut untuk main dan percaya diri. Tadi saya juga melihat pemain muda mampu bermain lepas dan mampu bekerjasama dengan seniornya,” ungkapnya.
Cuaca yang panas disebutnya cukup menguras fisik anak asuhnya di laga ini, namun tetap memberikan sebuah pembelajaran berharga bagi pihaknya. “Soal fisik nanti bisa ditingkatkan, minggu depan pelatih fisik dari Brasil juga sudah akan tiba di Palembang. Tetapi saya senang karena tadi mereka mampu menyerap keinginan tim pelatih, ini laga uji coba jadi kenapa mereka harus takut salah,” jelasnya.
Gol SFC sendiri diakuinya juga berasal dari kecerdikan penjaga gawang Teja Paku Alam yang berhasil memanfaatkan kelengahan pemain lawan. “Tadi sebelum pertandingan, pemain saya minta untuk berbicara satu sama lain agar lebih saling paham. Gol Betu merupakan kerjasama yang apik dengan penjaga gawang sebagai aktor yang mengawali serangan cepatnya,” bebernya.
Gol Beto sendiri memang dihasilkan lewat sebuah proses yang cukup indah. Serangan lawan yang berhasil dipatahkan lini belakang SFC langsung dimanfaatkan untuk menciptakan tekanan kepada tim lawan. Umpan Teja Paku Alam dari belakang ke tengah lapangan berhasil disambar oleh Airlangga yang kemudian memberikan umpan ke Nur Iskandar, dengan satu sentuhan Nur lalu meneruskan ke Beto yang menyelesaikannya dengan chip sempurna ke gawang Cirebon United.
Sementara itu, pelatih Cilegon United Arcan Iurie menyebut penampilan anak asuhnya sudah lebih baik ketimbang pekan lalu saat dikalahkan Persija Jakarta dengan skor yang sama. “Kami masih punya waktu sekitar 1 bulan untuk terus memperbaiki, dari laga ini saya melihat kedepan harus kembali mencari pemain untuk posisi penyerang dan penjaga gawang. Tadi secara umum mereka menunjukkan peningkatan,” ujarnya singkat. (Dedi)

Artikel Terkait