PALEMBANG — Kelainan berat badan atau dikenal dengan obesitas dialami oleh Rizki Ramadan dengan umur yang baru menginjak usia 11 tahun, beberapa bulan terakhir ini berat badannya meningkat hingga 119 Kg.

Melihat kondisi Rizki yang mengkhawatirkan, akhirnya ia segera dirujuk di Rumah sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang. Saat ini, Rizki masih dalam masa perawatan dokter di Pavilium Musi Elok. Ia nampak merasa kegerahan dengan tubuhnya yang kian membesar. Karena dalam masa observasi dokter, RSMH akhirnya mengatur pola makannya. Sesekali Rizki nampak menangis meminta makan. Saat awak media berusaha mengajak komunikasi, ia cenderung tidak mempedulikan.

Rizki yang seharusnya sudah masuk sekolah di kelas VI ini pun, terpaksa memperpanjang masa liburnya. Menurut Ayah Rizki, Edi Hartono, anaknya tersebut mengalami peningkatan berat badan sejak dua tahun lalu, semasa Rizki berusia 9 tahun. Namun, memang saat dilahirkan Rizki sudah memiliki berat dan pertumbuhan badan yang melebihi usianya.

“Dulu tidak sebesar ini, dan sekarang terus membesar badannya. Karena itu, dibawa ke RSMH untuk berobat dan mendapatkan pelayanan medis dari dokter spesialis,” katanya, Kamis (21/7).

Ia menceritakan, jika sang anaknya memang cukup sering mengkonsumsi makanan, apalagi makanan cepat saji. Malah di usianya yang masih 11 tahun, Rizki sudah bisa memesan makanan siap antar (delivery order) melalui ponsel miliknya. “Makannya memang banyak, dan sering memesan sendiri, jika ingin makan,” jelas Edi.

Ia juga menambahkan, Rizki mengalami peningkatan berat badan hingga 2 kg/minggunya. Kondisi ini membuat anaknya makin sesak nafas dan sukar menggerakkan tubuhnya. “Sekarang pasif geraknya, dan untuk berpindah tempat sering kita bantu gopoh. Badannya semakin membesar dan berat,” ungkapnya.

Warga  Lorong Jati jalan Letnan Murod Talang Ratu Kecamatan Kemuning ini pun khawatir jika tubuh sang anak makin bertambah sejalan dengan pertumbuhan usiannya. Saat ini saja dengan berat badan mencapai 120 kg, tinggi badan Rizki hanya 145 cm. Padahal, jika anak seusianya hendaknya memiliki tinggi badan sekitar 30 kg.

“Berbandingan antara umur, tinggi badan dan berat badan  tidak ideal, sehingga observasi awal mengalami obesitas,” tandasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi dengan Direktur RSMH Palembang, M Syahril mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan kesehatan awal pada sang pasien. Diperkirakan terjadi kelebihan berat badan akibat pola konsumsi yang tidak tepat dan sehat. Setelah diagnosa, baru akan dilakukan tindak lanjut medisnya.

“Akan diperiksa awal dulu, tadi kordinasi dengan dokter untuk melakukan pengontrolan pola makan. Sudah ada lima dokter spesialis dalam tim guna membantu Rizki,” pungkasnya. (juniara)

RelatedPost