Laskarwongkito.com — Sebagai sebuah entitas kewilayahan, kota juga memiliki lambang yang memiliki makna di baliknya. Nah, jika lambang kota Palembang, apakah kamu tahu artinya? Nah, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Kalau pemerintahan Palembang di dalam lambangnya terdapat bangunan sirah, puncak rebung dan segitiga seperti bukit. Bangunan Sirah yaitu rumah Palembang warna asli merah tua coklat dengan pinggiran keemasan berikut 2 x (4+5) = 18 tanduk lembaran daun teratai.

Di tengah atasan terdapat kembang melati yang belum mekar, berikut simbar yang melambangkan kerukunan kekeluargaan dan kesejahteraan Kota Palembang di segala zaman.

LOGO-PEMERINTAHAN-KOTA-PALEMBANG-DJAJA-SUMSEL

(sumber foto: 1.bp.blogspot.com)

Puncak rebung warna kuning keemasan, melambangkan kemuliaan dan keagungan. Jumlah 8 buah, melambangkan kemuliaan dan keagungan. Jumlah 8 buah, melambangkan bulan Agustus yang bersejarah, bulan Proklamasi yang mengingatkan perjuangan Kemerdekaan RI.

Segitiga merepresentasikan sebuah bukit yang termasyur di Palembang, yakni Bukit Siguntang berwarna hijau berikut sinar keemasan, melambangkan tanggal 17 hari Proklamsi Kemerdekaan RI.

Bukit Siguntang adalah tempat suci di masa zaman purbakala, yaitu tepatnya di abad ke VII sampai dengan XII terdapat kumpulan candi-candi, kuil-kuil dan perguruan tinggi dikunjungi oleh pendeta-pendeta dan pelajar-pelajar di seluruh Asia.

Nah, lumayan paham kan ya? Minimal, kalo ada orang luar yang bertanya ke kita – sebagai orang asli, kita bisa bantu memberikan pemahaman yang benar. Tul gak Sob? (red/dil)

Artikel Terkait