PALEMBANG — National Basketball Association  dikenal dengan NBA merupakan asosiasi olahraga basket merupakan kiblat olahraga bola basket Dunia mengakui sangat berminat mengembangkan olahraga basket Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Selatan.

Langkah kongkrit yang dilakukan NBA yakni melakukan penyaringan atlet-atlet basket usia dini, antara usia 9-14 tahun untuk kemudian mendapatkan pembinaan dari NBA dengan tahapan pembinaan yang dilakukan NBA yakni, In School Clinics, Open Clinics for Player and Coaches, Regional Selection Camp, Nasional Training Camp, and. NBA Experience Trip.

“Kita sangat tertarik mengembakan olahraga basket di Sumsel dan kami akan mencari atlet berusia muda baik laki-laki maupun perempuan untuk dilatih,” ungkap Senior Director of Marketing Partnership NBA Asia, Mr. Jim Wong usai bertemu dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Senin (27/2).

Selain bertemu Gubernur Sumsel Alex Noerdin, Senior Director of Marketing Partnership NBA Asia,Mr. Jim Wong bersama pelatih Jr. NBA Chris Sumner juga melakukan Coacing Clinics ke dua sekolah di Palembang.

“Kita sengaja datang langsung di Palembang untuk mensosialisasikan dan mengedukasi atlet basket di Sumsel, hari ini kita sudah melakukan kunjungan ke dua sekolah di Kota Palembang yakni, SMA Xaverius dan sekolah Harapan Palembang untuk melakukan Coacing Clinics kepada siswa, kunjungan ini baru tahap pengenalan saja,” terangnya.

Menurutnya Basket saat ini sudah berubah bukan hanya fisik yang besar dibutuhkan, basket modern dibutuhkan kecepatan dan agrsifitas.

Lebih lanjur Mr. Jim Wong mengatakan, dirinya sangat terkesan dengan kelengkapan fasilitas olahraga yang dimiliki Sumsel, dan terkesan dengan Gubernur Alex Noerdin yang  mempersiapkan infrastruktur olahraga di Palembang dengan sangat baik.

“Setelah kunjungan ini akan kita susun langkah-langkah selanjutnya, dan kita sangat tertarik menjalankan program pelatihan olahraga basket di Sumsel,” ujarnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam pertemuan ini memaparkan banyak hal seputar olahraga di Sumsel seperti kelengkapan fasilitas olahraga Jakabaring Sport City, serta termasuk perkembangan olahraga basket.

Menurutya, pemerintah Sumsel segera akan membangun gedung Canvention Hall yang berstandar internasional dan bisa digunakan untuk kejuaraan olahraga basket.

Selain memiliki cukup banyak atlet basket berpotensi, kata Alex, kelengkapan fasilitas ini akan menjadi modal bagi para atlet basket dari Sumsel untuk berkembang dan pada akhirnya dapat berkiprah di kancah internasional.

“Atlet-atlet muda basket kita akan mendapatkan pembinaan khusus dari pihak NBA, harapan kita melalui hal ini bisa membawa olahraga basket di Sumsel lebih dikenal dan berprestasi,” ungkap Alex.

Sementara, Hadir dalam pertemuan ini, Asisten Ekeu dan Paembangunan Yohanes Thoruan, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel Akhmad Yusuf Wobowo, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Widodo, serta Manager Sumsel Hangtuah Ferri Jufry. (ril)

Artikel Terkait