Palembang- Mengingat pentingnya kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat dan meciptakan udara yang bebas polusi, Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI) hadir dan memberikan warna baru terhadap penikmat sepeda. Hal inilah yang disampaikan Ketua Masyarakat Sepeda Indonesia Ahmad Hortawan kepada Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa di Ruang Kerja Sekretaris Daerah provinsi Sumsel, Rabu (5/4).

Masyarakat Sepeda Indonesia adalah sebuah forum komunikasi antar komunitas-komunitas sepeda yang ada di Sumatera Selatan. Sebagaimana yang diketahui sekarang penggemar sepeda makin banyak seiring dengan meningkatnya kesadaran terhadap kesehatan, dan olahraga.

Dalam audiensi ini Joko mengatakan, Pemerintah provinsi (Pemprov ) Sumatera Selatan (Sumsel) selalu dan akan terus mendorong apapun hal nya dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, Terlebih kaitanya olahraga. Sumsel telah ditunjuk sebagai  kawasan wisata olahraga, terpilihnya Sumsel bukan saja pengalamanya menyelenggarakan event brskala internasional, melainkan hanya Sumsel yang memeliki komplek olahraga terlengkap dalam satu kawasan Jakabaring Sport City (JSC).

“Nah oleh karenanya dengan hadirnya MSI jadi makin lengkap olahraga di Sumsel ini, Saya harap komunitas ini mengajak semua elemen masyarakat,” harapnya.

 “Jadi mari kita sinergikan, kegiatan yang positif dan bermanfaat banyak ini, setelah dikukuhkan nanti diharapkan banyak menghasilkan kegiatan-kegiatan yang membawa nama baik Sumsel,” tegasnya.

Dari data yang didapat dikatakan Ahmad Hortawan, usia penikmat sepeda itu berkisaran 30-70 tahun, Para pecinta sepeda ini juga lebih suka berkelompok, dengan mereka membuat komunitas-komunitas  yang jumlahnya untuk Sumsel sendiri mencapai ratusan komunitas, dengan basis anggota hingga ribuan.

“Oleh karena itulah MSI berinisiatif membuat suatu wadah, diharapkan masyarakat bisa membudayakan bersepeda yang manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk kesehatan lingkungan (Go Green),” katanya.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mendeklarasikan MSI ini di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Minggu pagi (9/4) jam 06.00 WIB, Start nya dari Monpera dan Finish di Griya Agung. Bersamaan dengan hal ini MSI juga menyelenggarakan Kirab Sepada yang berjarak 21 km, membawa bendera-bendera Asian Games, yang tujuanya menyemarakan Asian Games kepada masyarakat.

” Kami berterimakasih kepada Pemprov Sumsel yang bersedia mendorong, dan mau menjadi mitra MSI,” pungkasnya. (rill)

Artikel Terkait