PALEMBANG — Meningkatnya penggunaan sepeda dalam aktivitas sehari-hari harusnya menjadi perhatian penting oleh pemerintah kota Palembang, karena ruang gerak pengguna sepeda mulai menjadi kebutuhan mendasar sebagian masyarakat di perkotaan.

Hingga saat ini hampir 15 persen masyarakat di Palembang beraktifitas sehari-hari menggunakan sepeda, sementara ketersediaan jalur hijau sepeda di Palembang khususnya belum tersedia dengan baik dan memberikan kenyamanan bagi pengguna sepeda.

Ketua Umum Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI), Ahmad Hartawan mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan kepada Pemerintah terkait untuk membuat peraturan yang memprioritaskan ketersediaan jalur hijau sepeda.

(sumber foto: laskarwongkito.com)

“MSI akan mengajukan raperda tentang jalur sepeda, kita sudah menyusun setelag final nanti akan kita ajukan ke pemerintah kota,” ungkap Hartawan di sela kegiatan off road sepeda Dalam Rangka HUT Korem ke-36 Tahun di Desa Glebek Banyuasin.

Menurutnya, saat ini pengguna sepeda sudah banyak dan setiap hari terus bertambah, MSI sebagai wadah komunitas yang menaungi pengguna sepeda akan berupaya mengajukan pembuatan Perda untuk ketersediaan jalur pengguna sepeda yang.

“Kebutuhan jalur sepeda ini sudah sangat mendesak dan nantinya akan memberikan kenyamanan bagi pengguna sepeda,” harapnya.

Sementara itu, Pangdam II/SWJ Mayjen TNI AM Putranto didampingi Danrem Gapo 044 Kol Inf Kunto Arief Wibowo menyebutkan pihaknya sangat mendukung apabila nantinya di kawasan perkotaan disediakan jalur khusus pengguna sepeda.

“TNI juga banyak yang menggunakan sepeda. Ini harus terus didukung dan difasilitasi, apalagi dengan semakin banyaknya pengguna sepeda bisa menekan polusi di perkotaan,” terangnya.

Pada rangkaian HUT Korem ke-36 Tahun di Desa Glebek Banyuasin tersebut tidak hanya menggelar off road sepeda, ada juga sunat massal, donor darah, dan bakti sosial yang diikuti masyarakat sekitar Desa Glebek Banyuasin bersama anggota TNI dan ratusan anggota MSI. (juniara)

RelatedPost