PALEMBANG — Laga berat langsung menanti Sriwijaya FC di partai pembuka kompetisi Liga 1 Indonesia dengan menantang tim tangguh Semen Padang, Senin (17/4) malam. Dalam laga yang akan dimainkan di stadion H Agus Salim Padang ini, laskar wong kito akan bertemu tim yang musim lalu meraih catatan cukup fantastis saar melakoni laga kandangnya.

Bahkan di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, dari 2 pertemuan yang dimainkan, Alberto Goncalves dkk gagal meraih poin kemenangan. Saat bermain tandang, Jumat (15/7/2016), dua gol Irsyad Maulana yang bersarang di gawang Yogi Triana membawa SFC harus pulang dengan tangan kosong dan skor berakhir 1-2 untuk kemenangan Semen Padang. Sementara di putaran kedua yang dimainkan Jumat (4/11/2016) SFC berhasil ditahan oleh Kabau Sirah dengan skor imbang 1-1.

Namun catatan ini tidak serta membuat tim Semen Padang jumawa dan tetap fokus menghadapi Derby Sumatera jilid pertama di tahun 2017 ini. Adanya pergantian pelatih dari Widodo C Putro ke Osvaldo Lessa juga diakui tidak akan merubah kekuatan laskar wong kito secara drastis.

“SFC tim tangguh, terakhir saat kami lihat di Piala Presiden 2017 lalu, mereka juga hanya kalah dalam tanda kutip dan tetap menunjukkan kualitas tinggi,” jelas pelatih Semen Padang, Nil Maizar saat sesi pre post match, Minggu (16/4) sore.

Terkait kondisi terkini anak asuhnya, mantan pelatih timnas Indonesia menyatakan tidak terlalu khawatir walau terancam kehilangan sejumlah pilarnya. “Ko Jae Sung sudah pasti absen karena cederanya cukup parah, begitu juga Boas Atururi yang tidak akan bermain di laga ini. Sementara untuk Cassio De Jesus kami pikir masih 50:50 dan tetap ditunggu hingga sebelum pertandingan nanti,” tambahnya.

Di lini tengah, Nil juga menyebut sosok Rudi atau Vendry Mofu akan mampu menggantikan peran Ko Jae Sung sebagai holding midfielder. “Sementara di posisi Cassio, ada Hamdi Ramdan yang biasa menempati peran itu. Target kami jelas ingin meraih poin penuh di laga ini, semua persiapan sudah kami lakukan dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu, pelatih SFC Osvaldo Lessa mengaku tidak gentar dengan rekor kandang Semen Padang dan menyebut Hilton Moreira sudah siap menghadapi laga ini. “Saya senang bisa kembali di Indonesia dan melatih di SFC. Manajemen dan seluruh pemain menerima dengan hangat, saya pikir kekompakan yang sudah ditunjukkan selama masa persiapan sebelumnya akan menjadi senjata kami nantinya,” ujar pelatih asal Brasil ini.

Seluruh pemain sendiri disebutnya sudah mulai mengerti mengenai pola strategi yang akan diterapkannya nanti. “Di Padang, kami hanya menjaga kondisi dan kebugaran, karena persiapan taktik atau lainnya sudah kami rampungkan di Palembang,” jelasnya.

Lessa pun menyebut untuk mewujudkan target mencuri poin di kandang Semen Padang, dirinya tidak akan menginstruksikan anak asuhnya bermain bertahan. “Untuk menjadi juara, kamu tidak boleh memilih lawan. Setiap pertandingan harus kerja keras, jadi nanti kami akan bermain normal sesuai dengan strategi yang kami latih bersama sebelumnya,” pungkasnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-4-2) : Teja Paku Alam, Gilang Ginarsa, Yanto Basna, Firdaus Ramadhan, Zalnando, Yu Hyun Koo, Manda Cingi, Nur Iskandar, Hilton Moreira, Maldini Pali, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandy Firmansyah, Marco Meraudje, Bobby Satria, Hapit Ibrahim, Hendra Sandi, Slamet Budiono, TA Mushafry, Airlangga Sucipto

Semen Padang

Semen Padang FC (SPFC) : 4-2-3-1

M Ridwan, Novan Sasongko, Cassio

Agung Prasetyo, Mardiono, Ko Jae-Sung, Finno Andrianas, Kevin Ivander, Vendry Mofu, Syamsul Bahri, Marcel Sacramento (c)

cadangan : Rendy Oscario (PG), Fandry Imbiri, Handi Ramdhan, Rudi, Irsyad Maulana, Mardiono, Hengky Ardiles, Riko Simanjuntak

Artikel Terkait