PALI — Penerapan Budaya baca di semua kalangan sangat penting untuk menambah pengetahuan masyarakat terutama dikalangan pelajar. Untuk itu Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten PALI terus menggelar lomba-lomba untuk menarik minat baca masyarakat.

Jumat (12/8), bertempat di gedung SMPN 1 Talang Ubi, KPAD PALI mengadu kemampuan siswa-siswi tingkat SMP dan sederajat dalam lomba membaca sekaligus merangkum dan menulis hasil bacaannya dengan diikuti seluruh sekolah tingkatan tersebut yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan.

“Tujuan lomba ini dalam rangka memperingati HUT RI ke 71, juga menarik minat baca masyarakat karena dengan banyak membaca banyak juga pengetahuan yang didapat,” kata H Zaibin, Kepala kantor PAD PALI ketika menyampaikan sambutanya.

Selain itu, lanjut H Zaibin. Acara tersebut guna merangsang kreativitas pelajar juga mendorong anak untuk maju dengan mengikuti lomba tersebut. “Dalam lomba ini kita sediakan hadiah jutaan rupiah serta piagam dari Bupati bagi pemenang, ini untuk mendorong peserta agar bisa mengeluarkan kemampuannya secara maksimal,” tambahnya.

Sementara itu, Ruswani Asisten III yang mewakili Bupati PALI untuk membuka lomba tersebut mengatakan bahwa kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan lagi. “Ini adalah salahsatu cara untuk mencetak generasi cerdas dan pintar. Kami sangat mengapresiasi, karena dengan kegiatan seperti ini bisa mencetak generasi penerus yang siap ikut berperan dalam mewujudkan Sumsel Gemilang PALI Cemerlang. Jadi tidak salahnya kalau acara seperti ini terus ditingkatkan dan diadakan rutin,” ujarnya.

Peserta lomba yang berhasil menang akan mendapatkan piagam dan uang pembinaan dengan jumlah Rp 2,5 juta untuk juara I,Rp 2 juta juara II,Rp 1,5 juara III dan harapan I sampai III masing-masing mendapatkan uang Rp 500 ribu. (yudhi)

RelatedPost