PALEMBANG — Sriwijaya FC sukses merengsek naik ke papan atas klasemen sementara kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 usai mengalahkan tamunya Barito Putera dengan skor tipis 3-2, Sabtu (13/5) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Penyerang andalan laskar wong kito, Alberto Goncalves memborong dua gol kemenangan di laga ini, sementara 1 gol lagi dihasilkan oleh kompatriotnya asal Brasi, Hilton Moreira di menit 1 babak pertama.

Pelatih SFC, Oswaldo Lessa tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya setelah anak asuhnya mampu mengamankan poin penuh di laga ini. “Bagi saya sore ini adalah pertandingan terbaik SFC selama musim ini. Memang belum sempurna, namun mereka bermain bagus sekali dan hasilnya juga positif,” ujar Lessa usai pertandingan.

Menurutnya, sejak awal dirinya memang sangat percaya dengan skuad SFC saat ini. “Mereka kualitas, sekarang hasil bisa menambah kepercayaan diri pemain dan trennya terus positif. Selain itu kekompakan juga terlihat, tidak ada yang merasa menang sendiri, salah sendiri atau merasa lebih hebat, itu kunci kemenangan SFC sore ini,” jelasnya.

Dalam pandangan eks pelatih Persipura ini, pergantian pemain yang dilakukannya juga menjadi faktor kekuatan tambahan SFC. “Semua pemain yang masuk dari bangku cadangan memberikan pengaruh positif dan merubah situasi di lapangan. Bagi saya, semua harus siap dan mereka yang bermain sebagai pemain pengganti punya tugas yang lebih berat,” tambahnya.

Salah satu yang disorotnya saat SFC kebobolan gol kedua yang dianggap oleh banyak pihak merupakan kesalahan dari Bobby Satria. “Situasi pertandingan bisa membuat pemain melakukan kesalahan dan saya tidak bisa menyalahkan individu. Saya suka sikap Yu Hyun Lop sebagai kapten yang langsung menghampiri dan mengatakan bahwa dia juga salah di situasi tersebut karena seharusnya dapat lebih membantu Bobby, saya suka sikap seperti ini,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Barito Putera Jacksen F Thiago menyebut Rizky Pora dkk sangat terpukul dengan hasil ini. “Secara aspek permainan kami tidak kalah, tapi tentu ada evaluasi usai laga ini. Namun pertandingan sore ini sangat luar biasa buruk, tapi saya bilang ke mereka tidak ada waktu untuk bersedih dan lusa nanti sudah harus kembali ke lapangan untuk berlatih lagi,” ungkap Jacksen.

Kedepan, dirinya pun berharap agar pemain Barito Putera dapat lebih tenang lagi selama 2×45 menit di lapangan. “Saya tahu pemain sedih di ruang ganti, ini tugas saya bersama manajemen agar pemain mentalnya naik kembali,” tambahnya. Dirinya pun menyoroti kejadian di penghujung pertandingan, saat timnya berusaha memasukkan Yongki Aribowo guna mengejar ketertinggalan. “Semoga nanti ada sistem yang lebih bagus lagi, sehingga pergantian pemain dapat dilakukan dengan lebih baik lagi, walau saat ini ada perubahan regulasi,” harapnya. (dedi)

Artikel Terkait