PALEMBANG — Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat (Jabar) baru akan resmi dibuka Presiden Joko Widodo, 17 September 2016. Namun untuk cabang sepakbola akan memulai pertandingan lebih awal, mulai 14 September 2016.

Dari 12 tim yang akan berlaga pada PON XIX, salah satunya adalah tim PON Sumatera Selatan (Sumsel). “Dari hasil undian, Sumsel tergabung dalam grup B bersama Sumatera Utara, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Dan seluruh pertandingan akan dilaksanakan di stadion Patriot, Bekasi,” kata Asisten Manajer tim sepakbola PON Sumsel Bambang Supriyanto, Senin (5/9).

Untuk menghadapi laga perdana pada 14 September 2016, menurut Bambang tim PON Sumsel akan menjalani pemusatan latihan di Jawa. “Sebelum menuju Bekasi, sekarang tim menjalani pemusatan latihan di Sleman, Yogjakarta. Selama di Sleman kita merencanakan uji coba dengan tim nasional tim lokal Jogja, lalu tim UNY dan terakhir dengan klub kuat di ISC B yakni PSS Sleman,” jelasnya.

Menurutnya, selain menggelar laga uji coba melawan beberapa tim lokal, pihaknya juga melaksanakan latihan pada malam hari mengantisipasi laga berlangsung pada malam hari pukul 19.00 WIB. “Selain teknik, fisik para pemain tim PON Sumsel juga mengalami peningkatan yang menggembirakan. Sebelum berangkat ke Sleman, tim sempat menjalani uji coba dengan dua dan tiga tim lokal dengan durasi pertandingan masing-masing 60 menit. Hasilnya, fisik pemain tidak kendur walau main dengan tiga tim berbeda dan bisa mencetak lebih dari 15 gol,”terangnya.

Melawan tim UNY dan PSS Sleman, pihaknya sendiri berencana akan menurunkan skuad utama dan melihat kesiapan terakhir sebelum turun di PON nantinya. “Adanya tambahan dari 3 pemain dari skuad SFC senior cukup menambah kekuatan, selama ini kami pun jarang mendapat lawan kuat di Palembang dan belum pernah bermain full team seperti sekarang. Jadi laga di Jogja ini akan sangat dimanfaatkan untuk melihat kesiapan tim inti,” tambahnya.

Mengenai tim yang akan dihadapi di grup B menurut Bambang Supriyanto, dua tim, yaitu Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) tim sepakbola PON Sumsel masih buta karena belum pernah menghadapinya.

“Tapi dengan tim PON Sumatera Utara kita sudah mengenalnya karena pernah kita kalahkan pada babak pra kwalifikasi di Porwil Sumatera yang berlangsung di Bangka Belitung pada akhir 2015. Waktu itu tim PON Sumsel menang 1 – 0 dan meraih medali emas,” kata Bambang Supriyanto.

Pada PON XIX 2016 cabang sepakbola akan diikuti 12 tim yang berasal dari 12 provinsi. Grup A diikuti tim PON Jawa Barat (Jabar) sebagai tuan rumah,  bersama-sama DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng), dan Bali. Grup A akan berlaga di stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Grup B diikuti tim PON Sumsel, Sumut, Kalsel dan Sulsel yang akan berlaga di stadion Patriot, Bekasi. Kemudian grup C diikuti tim PON Kalimatan Timur (Kaltim) sebagai juara bertahan, Papua, Bangka Belitung (Babel), dan Gorontalo yang berlaga di stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.  (dedi)

Related Post