Jakarta: Setelah menghadiri Launching Piala Presiden eSports 2019, Menpora Imam Nahrawi bertemu pengurus Asosiasi eSports Indonesia (IeSPA) di Lantai 10, Kemenpora, Jakarta, Senin (28/1). Pertemuan ini membahas kesiapan tim eSports Indonesia jelang Sea Games 2019 di Filipina.
Ketua Asosiasi eSports Indonesia (IeSPA), Eddy Lim menjelaskan, ada 6 nomor yang akan dipertandingan. Keenamnya yakni Dota 2, Mobile Legend, Tekken 7, AOV, NBA 2K19, dan Starcraft 2. Dari cabang olahraga eSport ini, ditargetkan 4 medali emas bisa diraih.
“Pada program pelatnas eSport Sea Games, perlu adanya latihan fisik untuk kebugaran dan stamina. Lalu, ada latihan belajar pernapasan yang berguna untuk melatih ketenangan. Kemudian perlu latihan meningkatkan skill permainan melalui try out,” kata Eddy.
Menurut dia, Indonesia memiliki peluang besar untuk membawa pulang medali melalui Dota 2 dan Tekken 7. Kemudian, peluang berikutnya juga datang dari Mobile Legend lalu disusul AOV. “Jadi, untuk meraih itu dibutuhkan latihan seperti fisik agar konsentrasi penuh. Untuk itu targetnya akan ditekankan latihan fisik,” jelasnya.
Sementara itu, Menpora menyambut baik pemaparan dari IeSPA. Menteri asal Bangkalan ini ingin atlet eSport Indonesia berprestasi hingga ke level internasional. “Tujuan lebih besar lagi yaitu menyiapkan atlet menuju prestasi dunia, mengantarkan para atlet ke jenjang level dunia. Wujud kompetisi turnamen dan sebagainya ini penting,” kata Menpora. (Red/ril)

RelatedPost