PALI — Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir. Hj. Sri Kustina Heri Amalindo menantang warga Bumi Serepat Serasan untuk mengikuti lomba desain motif batik khas Kabupaten PALI.

Perlombaan yang memperebutkan hadiah trophy, sertifikat dan uang jutaan rupiah ini didasari ajakan Sri Kustina kepada warga Kabupaten PALI untuk mencintai batik sebagai ciri khas daerah.

“Kita ingin mengajak masyarakat kabupaten PALI untuk semakin mencintai batik. Karena batik merupakan budaya yang harus kita lestarikan agar budaya yang telah mendunia ini tidak termakan zaman dalam perkembangannya mendatang. Kita perlu punya ciri khas daerah. Karena nantinya ini menjadi jargon yang akan kita angkat ke level yang lebih tinggi untuk memperkenalkan kabupaten PALI,” beber Sri Kustina, Jumat (29/7).

Ia menambakan jika lomba tersebut juga bertujuan untuk mencari kekhasan PALI dalam dunia batik. “Kita tahu bersama, batik adalah budaya Indonesia. Namun setiap daerah tentu haruslah memiliki motif atau corak batik unik, sebagai ciri khas Kabupaten PALI,” sambungnya.

Lebih lanjut, untuk pelaksanaannya akan digelar pada bulan Agustus. “Kendati demikian, saat ini telah dilaksanakan proses pendaftaran peserta hingga tanggal 31 Juli. Materi desain motif batik ditunggu maksimal 8 Agustus nanti. Syaratnya, warga PALI, hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan. Dan yang pasti pendaftaran dalam perlombaan ini tidak dipungut biaya alias gratis,” pungkasnya. (yudhi)

RelatedPost