PALEMBANG — Untuk menarik perhatian konsumen dalam memasarkan sebuah produk, hal yang paling utama adalah dari sisi kemasan atau sering disebut packaging. Hal tersebut.merupakan faktornutama yang mempengaruhi tingkat penjualan.

Hal itu diungkapkan Desainer dari Asosiasi Desain Grafis Indonesia(ADGI) Affan, Rabu (09/11). Menurutnya, Packging berdampak pada nilai jual sebuah produk karena yang dilihat pertama oleh konsumen adalah kemasan atau kulit luar produk.

“Seperti baju yang ingin kita pakai keacara tertentu, dan pasti sebelumnya kita memikirkannya sebelum pergi keacarah tersebut mau memakai baju apa?,” jelasnya.

Dijelaskannya, jika kemasan terlihat menarik meskipun produk tersebut belum dikenal masyarakat, pastilah akan menarik minat konsumen untuk membelinya. Oleh karena itu menurut Affan, Packaging sama halnya yang tadi , nantinya Produk apa yang akan dikenali, seperti apa Produk itu, ingin menyentuh konsumen seperti apa,  ingin akhirnya Packaging itu menimbulkan apa dihati konsumen, itu adalah hal mendasar sebelum kita mendesain Packaging secara lebih mendalam.

“Jadi kalau ditanya penting? Sangatlah penting karena itu seperti kostum kita untuk orang lain,” katanya.

Dikatakan Affan untuk permasalahan Marketing dan Packaging sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Dikenalkan packagingnya terlebih dahulu baru setelah itu kita harus mengenalkan produknya.

“Misalkan saya ingin dikenali sebagai orang yang baik tapi pada waktu nanti kostum atau baju yang saya pakai berantakan tidak jelas apakah orang lain akan setuju dengan keinginan kita dengan penampilan seperti itu, pasti akan tidak.Tapi kalau kita balik, ada orang jahat tetapi penampilan kostumnya atau baju yang dia pakai rapih, dan dia berbuat seolah-olah baik, tetapi konsumen akan bisa mengenali bahwa konten produk ini pun busuk, kalau hanya dilihat dipackingnya saja yang bagus,” urainya.

Untuk itu, jika kita mau menyampaikan bahwa kita orang baik dalamnya juga harus baik, baru packagingnya karena packging itu cerminan dari dirinya orang tersebut, Packaging itu sangatlah penting dalam memasarkan produk kita. (juniara)

RelatedPost