PALEMBANG — Pelatih Sriwijaya FC, Hartono Ruslan harus berpikir keras mencari pengganti Tijani Belaid yang dipastikan absen saat menjamu Persija Jakarta, Sabtu (7/10) mendatang di stadion Madya Bumi Sriwijaya Palembang. Hilangnya marquee player laskar wong kito tersebut diakui memang menyisakan masalah mengingat Tijani belakangan mulai rajin menyumbang assist dan mengkreasi peluang bagi lini depan SFC.

Beberapa nama seperti Rachmad Hidayat, Nur Iskandar atau Manda Cingi disebut akan dicoba untuk mengisi peran penyerang lubang di belakang target man Alberto Goncalves nantinya. Namun kembalinya Airlangga Sucipto diakui memberikan opsi lain dan supersub SFC tersebut akan coba dimaksimalkan saat laga penting melawan Macan Kemayoran nantinya.

Apalagi belakangan SFC punya masalah dengan produktifitas gol walau hampir di setiap pertandingan mencatat sejumlah peluang emas. Seperti saat laga terakhir melawan Mitra Kukar (30/9) kemarin, setidaknya ada 4 peluang SFC yang harus terbuang percuma dan gagal membuakan gol.

Hartono sendiri mengaku masih akan menunggu kondisi terakhir Ronggo sebelum memastikan akan menurunkannya saat kontra Persija nanti. “Finishing kita memang sedikit bermasalah, karena kemarin seharusnya bisa mencetak gol lebih dulu karena peluangnya memang banyak. Tetapi kadang-kadang mungkin di sepakbola kita juga butuh yang namanya keberuntungan dan itu ada di diri Ronggo,” ujarnya.

Tuah keberuntungan memang sepertinya melekat di diri Ronggo dan 2 gol yang sudah disumbangkannya bagi SFC sejauh ini pun seperti membenarkan predikat tersebut. Seperti saat laga melawan PS TNI (14/7) lalu, ayah dari 2 anak ini mencetak gol pertama SFC saat baru masuk ke lapangan hijau menggantikan Ichsan Kurniawan di menit 80 dan membuat tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini menyamakan kedudukan 1-1 sebelum akhirnya berbalik unggul kemudian.

Kemudian ketika laga kontra Persegres (24/7), aksi heroik Ronggo juga menghindarkan SFC dari kekalahan. Telah tertinggal sejak awal babak pertama dari tuan rumah, sundulan Ronggo di injury time babak kedua disaat wasit Thoriq Alkatiri sudah akan menyudahi pertandingan membawa SFC pulang dengan 1 poin.

Namun Hartono sendiri menyatakan tidak akan memaksakan Ronggo untuk turun bermain bila kondisinya belum siap 100 persen. Strategi alternatif dengan memainkan Hilton di posisi playmaker seperti saat berhasil menang di kandang Borneo FC (5/8) dapat juga menjadi pilihan lain. “Yang jelas kita tidak ada pilihan lain kecuali memaksimalkan pemain yang ada, melawan Persija kemenangan adalah target utama agar tidak bergantung dengan tim lain nantinya,” pungkasnya. (dedi)

 

Artikel Terkait