Sriwijaya FC bertekad bangkit dan target kemenangan dibidik saat melakoni laga terakhir grup B turnamen Piala Gubernur Kaltim melawan tuan rumah Mitra Kukar, Sabtu (5/3) malam di stadion Aji Imbut Tenggarong. Poin penuh memang menjadi syarat untuk mengamankan 1 tiket ke babak 6 besar dan tidak bergantung dengan hasil pertandingan lainnya di grup B yakni PSNI TNI yang berhadapan dengan Madura United.

Meski lawan kini dalam kondisi yang kurang bagus setelah menelan 2 kekalahan di laga sebelumnya, namun diakui pelatih laskar wong kito Beny Dollo hal tersebut bukanlah sebuah keuntungan jelang laga pamungkas grup B ini. “Justru itu sebuah kerugian buat SFC, karena biasanya sebuah tim yang sudah kalah 2 kali, tentu punya semangat yang lebih tinggi untuk tidak kembali mengalami hal yang sama. Apalagi perlu diingat mereka akan bermain di kandang sendiri,” ungkap Bendol.

Menurutnya, kondisi psikologis anak asuhnya juga tidak terlalu terganggu meski secara mengejutkan mendapatkan kekalahan di laga kedua lalu dari Madura United. “Saya percaya pemain SFC sangat profesional, tekanan itu pasti ada tetapi saya melihat mereka semua berpengalaman dan bisa melewati ini semua. Jika mampu bermain tenang, disiplin serta menjalankan semua strategi yang sudah disiapkan, kami percaya bisa melewati putaran grup,” tekadnya.

Dalam laga ini sendiri, pihaknya juga dipastikan akan merubah susunan pemain setelah di 2 laga awal selalu memainkan 11 pemain yang sama di line up. “Seluruh pemain siap bermain, kecuali Firman Utina yang sudah dipastikan absen karena cedera. Untuk rotasi kemungkinan akan ada karena gaya bermain setiap lawan berbeda dan kita butuh kemenangan di laga ini,” tambahnya.

Sementara itu, tim tuan rumah menegaskan tetap akan bermain dengan semangat tinggi dan mengesampingkan status timnya yang hampir tidak memiliki peluang lolos fase grup serta mencari kemenangan sebagai pelipur lara.

Menurut pelatih Mitra Kukar, Jafri Sastra, para pemain sudah sepakat untuk melupakan kekalah dari dua laga sebelumnya dan berupaya untuk tampil maksimal dan mencari kemenangan. Pasalnya pelatih dirinya ingin memberikan kemenangan untuk masyarakat Kukar. “Kita lupakan dulu dua kekalahan kemarin kita akan cari kemenangan untuk masyarakat Kukar yang mendukung kita,” ujar Jafri.

Pihaknya pun menegaskan tidak akan terpengaruh dengan kabar akan cederanya Firan Utina dan menganggap SFC tetap akan tangguh tanpa kehadiran pemain asal Manado tersebut. “Kedalaman skuad SFC sangat bagus, satu pemain absen tidak akan merubah kekuatannya. Yang jelas kami ingin mengakhiri turnamen ini denga tetap kepala tegak,” pungkasnya.

Perkiraan susunan pemain SFC :

Dian Agus Prasetyo (gk), Supardi Nasir, Fachrudin, Achmad Jufrianto, Thierry Gauthessi, Asri Akbar, Yu Hyun Koo, Hapit Ibrahim, TA Mushafri, Bayu Gatra, Alberto Goncalves

Cadangan : Yogi Triana, Wildansyah, Syaiful Indra Cahya, Ichsan Kurniawan, Anis Nabar, Airlangga Sucipto, M Ridwan.