Palembang-Dalam rangka memperat hubungan kemitraan berkelanjutan antara Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan, Duta Besar Amerika Serikat untuk RI, Mr. Joseph Donovan, mangadakan kunjungan kerja ke Palembang, Provinsi Sumsel dengan membawa beberapa pimpinan perusahaan.

Rombongan Duta Besar AS ini disambut langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin bersama FKPD Provinsi Sumsel serta para organisasi perangkat daerah dan langsung menggelar pertemuan di Griya Agung Palembang, Selasa (4/4).

Dalam pertemuan ini Mr. Joseph Donovan mengungkapkan bahwa salah satu sasaran tertinggi sebagai kedutaan besar AS untuk RI adalah memperkuat kemitraan antara Indonesia dan Amerika Serikat. Menurutnya, kunjungannya di Palembang Provinsi Sumsel merupakan bentuk kemitraan yang kuat antara pemerintah Amerika Serikat dan Indoensia.

Menurut Joseph Donovan, pihaknya sengaja membawa langsung beberapa pimpinan perusahaan yang ada di AS seperti Motorola dan Sun Power, untuk memperkenalkan dan membuat langkah selanjutnya dalam memperkokoh hubungan bisnis dengan Sumsel.

“Saya adalah Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia yang baru, dan yang menjadi prioritas saya adalah memperkuat kemitraan antara Amerika Serikat dengan Indonesia,” ungkapnya.

Lanjut Joseph Donovan, dirinya sangat mengapresiasi atas kerjasama yang dijalin selama ini antara Pemerintah Sumsel dengan Pemerintah AS dalam upaya menumbuhkan Sumsel dan mencapai perkembangan manusia yang lebih baik.

Dijelaskannya, kolega-kolega kedutaan AS di Jakarta dan konsultan AS di Medan Sumatera Utara sudah bekerjasama dengan aktif dengan Pemerintah Sumsel untuk memperluas hubungan ekonomi di Sumsel.

“Atas permintaan Gubernur Alex Noerdin, kita sudah menghubungkan para pejabat di Sumsel dengan para perusahaan-perusahaan kunci di Amerika Serikat melalui berbagai pertemuan,” terangnya.

Ditambahkan Joseph Donovan, kerjasama AS di Sumsel menjangkau berbagai aspek dan area, bahkan melebihi kerjasama bidang perdagangan. Banyak sekali peluang-peluang bagi perusahaan AS di Sumsel termasuk di bidang energi, teknologi dan penerbangan.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi dan sangat senang karna bisa melanjutkan kerjasama dibidang pertukaran pendidikan dan bersama menanggulangi tantangan lingkungan secara global.

“Kami memuji kebijakan Gubernur Alex Noerdin dalam menghentikan pembalakan hutan, dan juga pengelolaan lahan gambut, beliau telah menunjukan kepemimpinan yang luar biasa dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam pertemuan ini memparkan banyak hal tentang Provinsi Sumsel, mulai dari kekayaan alam, baik dibidang energi maupun pertanian, terkait pembangunan Infrastruktur, serta berbagai potensi lainnya yang di miliki Sumsel.

Dalam kesempatan ini juga dipaparkan tentang kesuksesan Sumsel sebagai tuan rumah berbagai event olahgara internasional seperti Sea Games, Asian Universiti Games dan lainnya, termasuk juga memaparkan terkait potensi industri di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api.

“Sudah beberapa kali duta besar AS berkunjung ke Sumsel, karena kita memiliki hubungan erat sejak tahun 1960. Hubungan antara Sumsel dan Amerika sejak dulu sangat baik, dan sekarang yang menjadi prioritas kedutaan Amerika adalah Sumsel, bukan hanya karna Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games saja, melainkan lebih mempererat hubungan ekonomi Sumsel dan AS,” pungkas Alex. (rill)

Artikel Terkait