PALEMBANG — Manajemen Sriwijaya FC menyatakan hingga saat ini tetap memberikan dukungan kepada pelatih Oswaldo Lessa meski mendapat hasil buruk di 2 laga terakhir. Namun manajemen laskar wong kito menyatakan sudah memberikan sejumlah masukan bagi pelatih asal Brasil tersebut.

Salah satu yang disorot adalah perubahan formasi 4-2-3-1 ke 4-4-2 di awal musim ini. Pergantian formasi ini sendiri membuat produktifitas Alberto Goncalves dkk sedikit tersendak dan baru mencetak 3 gol dari 4 pertandingan yang sudah dimainkan sejauh ini.

Jumlah ini menurun cukup jauh bila dibandingkan musim lalu saat turun di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Hingga pekan ke 4, saat itu skuad SFC mencetak 7 gol dan menorehkan 2 kemenangan.

“Kami pikir wajar bila ada respon dari banyak soal penampilan tim saat ini. Tetapi bagaimanapun pelatih yang lebih tahu mengenai kebutuhan di dalam tim. Cuma memang kita meminta agar pelatih lebih memaksimalkan potensi seluruh pemain, karena di formasi yang baru dalam pandangan kami sedikit membuat pemain tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Misalnya Hilton yang ditarik jauh ke belakang, lalu juga Budi yang posisi aslinya adalah winger tetapi dimainkan sebagai striker,” ujar  Ariyadi Eko, Ketua Umum Singa Mania saat dihubungi Sabtu (6/5) sore.

Dirinya juga menyambut baik langkah manajemen SFC yang tidak bertindak gegabah dan memberikan waktu bagi Lessa untuk memperbaiki performa tim. “Secara hasil memang ini kurang baik, tetapi tentu tidak adil bila langsung memberikan vonis gagal. Cuma Lessa juga harus segera berbenah, bila memang formasi baru sulit untuk diterapkan, tidak perlu untuk kembali ke skema baku sebelumnya,” tambahnya.

Skuad SFC sendiri sudah akan bertolak meninggalkan Palembang dan berangkat menuju Malang, Minggu (7/5) pagi. “Kita sengaja berangkat pagi agar pemain lebih banyak waktu untuk recovery, memang bukan penerbangan langsung karena transit dulu di Jakarta. Total ada 20 pemain yang kita bawa untuk persiapan laga melawan Persiba Balikpapan (9/5),” jelas sekretaris tim SFC Achmad Haris saat dikonfirmasi. (dedi)

Artikel Terkait