PALEMBANG — Pemerintah provinsi Sumatera Selatan terus meningkatkan sektor pariwisata. Setelah membuka kawasan Sudirman yang dijadikan sebagai lokasi pendestrian, kali ini Dinas Pariwisata kembali membuka pasar kreatif sebagai pusat oleh oleh yang ada di Kota Palembang.

Pasar seni ini akan dipusatkan di bawah Jembatan Ampera Seberang Ilir. Sebanyak 16 pondokan yang terbuat dari bambu pun sedang dalam proses pembuatan.

Untuk memuluskan niat pembangunan pasar kreatif tersebut, Kepala Dinas Pariwisata provinsi, Irene Camelyn Sinaga mengatakan pihaknya akan segera melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Badan Ekonomi Kreatif (BeKraf).

WhatsApp Image 2017-04-06 at 15.33.36

(sumber foto: laskarwongkito.com)

Diharapkan dengan adanya kerjasama antara pemprov Sumsel dan Bekraf dapat bersinergi memajukan dan mengenalkan sektor pariwisata Sumsel mulai dari taraf nasional hingga internasional.

Menurut Irene, bakal ada 16 bidang pariwisata yang dikembangkan dalam pasar kreatif diantaranya, Bidang Kuliner, Fashion serta bidang seni.

“Sumsel ini satu dari 10 kota yang menjadi destinasi wisata kuliner, yang terkenal hingga ke nasional itu masakan Pindang kita. Nah nanti melalui kerjasama dengan BeKraf kita akan lebih mengembangkan kuliner kita agar lebih berkualitas,” jelas Irene.

Irene mengungkapkan, BeKraf mempunyai banyak bidang yang bisa menunjang kemajuan pariwisata diantaranya dari segi permodalan dimana para UKM bisa mendapatkan bantuan, juga dari bagian hukumnya seperti royalti juga ada bidang deputi infrastruktur dan deputi pemasaran.

“Kita berusaha mencocokkan kegiatan BeKraf dengan kegiatan pariwisata Sumsel. Jadi kita harapkan produk UKM Sumsel bukan hanya dilihat secara kuantitas tetapi juga dari segi kualitas. Bagaimana Branding, Packaging dan Promotion, sehingga bisa dipasarkan hingga ke pasar internasional,” tukasnya. (juniara)

Artikel Terkait