PALEMBANG — Program Pascasarjana ,(PPs) ilmu Tanaman Unsri melakukan kunjungan singkat selama tiga hari mulai dari 27 hinggav29 April 2017 di Universiti Putra Malaysia.

Selama kunjungan akademik tersebut, mahasiswa begitu antusias belajar dan mengamati lima laboratorium dan kebun percobaan fakulti pertanian yang ada di UPM.

Dr. Sabaruddin Kadir sebagai dosen pendamping mengungkapkan, Selama kunjungan mahasiswa diberi kesempatan mengamati berbagai laboratorium pertanian diantaranya laboratorium Fisiologi, laboratium proteksi tanaman, dan laboratorium agronomi.

Kunjungan akademik PPS Unsri yang berkolaborasi dengan Travelogin jadwalnya terbilang cukup padat karena mahasiswa diajak untuk mengeksplor langsung bagaimana keunggulan fasilitas dan proses belajar mengajar di Universiti Putra Malaysia.

IMG-20170430-WA0007

Sementara, dalam kesempatan yang sama Ketua Program Studi Ilmu Tanaman Dr. Ir. Mery Hasmeda, M.Sc mengatakan bahwa keunggulan belajar dari UPM itu karena kejasama UPM dengan luar negeri dan penelitiannya banyak.

Selain itu, Prestasinya banyak di publikasi jurnal dan bahkan UPM memiliki target menjadi Top 200 universitas terbaik di dunia, saat ini UPM diposisi 276.

“Mereka memiliki keunikan dalam mempercantik lingkungan fakultas dengan mengadakan sayembara taman terbaik secara berkala sehingga memacu mahasiswanya berlomba-lomba sekreatif mungkin mempercantik jurusannya,” kata dia pada laskarwongkito.com saat dibincangi melalui telepon, Minggu (30/04).

Mery berharap, dalam kunjungan kali ini mahasiswa tidak sekedar melakukan kunjungan akademik saja, tetapi juga bisa menjalin kerjasama.

“Saya berharap kedepannya ada hubungan kerjasama lanjutan antar PPS Ilmu Tanaman Unsri dan Fakulti Pertanian. Banyak hal yang bisa dikerjasamakan seperti double degree atau penelitian” harapnya.

Muhammad Huanza, S.P sebagai perwakilan Travelogin pun berharap kunjungan akademik ini bisa menjadi batu loncatan untuk mewujudkan Unsri sebagai World Class University.

“Kunjungan akademik di Malaysia ini merupakan program PPS Ilmu Tanaman Unsri agar mahasiswa bisa mendapatkan refrensi lebih banyak tentang kualitas Pertanian di Malaysia dan Universitas di Malaysia. Sehingga, program ini dapat meningkatkan mutu akademik dan lulusan PPS Ilmu Tanaman Universitas Sriwijaya,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait