PALEMBANG — Sebanyak 200 calon penerimaan siswa baru (PSB) sekolah menengah atas (SMA) Negeri Sumsel mengikuti lulus seleksi adminitrasi tahap II yang dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 26-28 April 2017.

Kepala SMAN Sumsel, Ridwan Aziz mengatakan, pada sesi tes interview panitia PSB melibatkan pihak luar, yaitu komite sekolah, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, dan Disdik Kota Palembang.

“Sebanyak 130 calon siswa berasal dari luar Palembang, dan 70 siswa berasal dari Palembang. Calon siswa yang berasal dari luar Palembang telah tiba di SMAN Sumsel pada 25 April 2017 dan menginap di asrama SMAN Sumsel selama tes berlangsung,” kata Aziz pada awak media saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (28/04).

Lanjutnya, penerimaan berkas ditutup pada 4 Maret 2017 yang lalu dan telah memasuki seleksi tahap II. Dalam pelaksanaan seleksi tahap II, meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Interview, Leaderless Group Discussion (LGD), Tes Fisik, dan Tes Kesehatan.

“TPA meliputi mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pada sesi interview lebih kepada memahami karakter dan minat siswa, sedangkan sesi LGD untuk menilai kemampuan siswa dalam memecahkan suatu masalah,” kata dia.

Dikatakannya, calon siswa yang berasal dari luar Palembang dan dari Palembang mengikuti tes secara terpisah.

Calon siswa yang berasal dari luar Palembang mengikuti TPA, Interview, dan LGD pada tanggal 26 April 2017, dan pada 27 April 2017 mengikuti tes fisik dan kesehatan. Sedangkan calon siswa yang berasal dari Palembang mengikuti TPA, Interview, dan LGD pada 27 April 2017, dan pada 28 April 2017 mengikuti tes fisik dan kesehatan.

“Kita telah menyiapkan sebanyak 26 ruang tes interview, dimana setiap ruang terdiri dari lima siswa dan dua orang penguji. Para calon siswa akan menunggu panggilan untuk mengikuti interview di depan ruang tes,” urainya.

Dari 200 calon siswa yang telah mengikuti tes tahap II akan diseleksi sebanyak 100 calon siswa yang akan diterima menjadi siswa SMAN Sumsel. Pengumuman 100 siswa yang akan menerima bantuan pendidikan di SMAN Sumsel rencananya akan diumumkan pada pertengahan Mei 2017.

“Dengan ini kita berharap siswa-siswi yang tersaring nanti adalah siswa-siswi terbaik yang memang pantas untuk menerima bantuan pendidikan SMAN Sumsel,” pungkasnya. (juniara)

Artikel Terkait