PALEMBANG —- Prioritas utama pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk membangun transportasi yang bersinergi dan dapat terkoneksi dengan jaringan moda angkutan umum lainnyaakanyakni light rail transit (LRT) akan segera terwujud.
Tujuan dibangunnya LRT tak lain untuk memenuhi kebutuhan pelayanan angkutan publik dan mengatasi kepadatan lalu lintas serta menyukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018.
WhatsApp Image 2017-03-17 at 13.49.18

(sumber foto: Laskarwongkito.com)

Kepala Dinas Perhubungan, Nasrun Umar mengatakan, progress pembangunan sejauh ini berjalan sesuai rencana dan telah berjalan 34 persen.
“Sekarang sedang dalam tahap penyelesaian prasarana atau pemasangan pier dan tiang beton,” katanya pada laskarwongkito.com Jumat (17/03).
Ditargetkan Nasrun, Desember 2017 pemasangan pier telah selesai dan untuk penyediaan sarana seperti, rolling stop, rel dan perlengkapan lainnya yang sudah ditenderkan dan dimenangkan oleh PT. Inka.
Saat ini, pembangunan stasiun LRT juga sudah berjalan, rencananya design di setiap stasiun akan berbeda, namun yang pasti akan bernuansa lokal khas Sumsel.
LRT  tersebut akan terdiri dari tiga gerbong, saat ini ada dua design untuk ukuran kapasitas penumpang. Rencananya untuk  design 4 orang per meter persegi dapat menampung 379 penumpang sedangkan untuk design 8 orang per meter persegi dapat menampung penumpang sebanyak 629 orang.
Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin menegaskan pembangunan LRT Di Palembang jauh lebih cepat dibanding Jakarta dan akan selesai tepat pada waktu yang telah ditentukan.
“Saat ini memang kota Palembang sedang babak bingkes gara-gara pembangunan LRT, tetapi yakinlah nanti pasti kota Palembang akan menjadi kota paling cantik se Indonesia bahkan Asia,” tukasnya. (juniara)

Artikel Terkait