Laskarwongkito.com — Sebagai kota yang sedang pesat mengembangkan potensi wisatanya, Palembang memiliki makanan khas yang sangat beragam dan pastinya enak juga lezat.  Tidak lengkap bila anda para wisatawan berkunjung ke Kota Palembang tanpa mencicipi makanan khas dari Kota Palembang.

Makanan khas dari Kota Palembang yang paling terkenal pastinya adalah empek-empek atau pempek, yaitu makanan dari olahan ikan. Para wisatawan yang berkunjung ke Palembang pastinya pertama kali yang ingin dicicipi adalah pempek, akan tetapi tidak semua wisatwan yang berkunjung membawa uang yang berlimpah sehingga saat memilih tempat kuliner pertimbangan utama mereka adalah harga yang harus pas di kantong mereka.

Nah, tempat kuliner apa saja yang disarankan oleh Tim LWK buat kamu yang pengen icip-icip tapi dana terbatas. Monggo disimak, warung terkenal di Palembang yang memiliki harga terjangkau tapi rasa bintang lima.

1. Warung Pempek Lala

1416802509886

(sumber foto: 1.bp.blogspot.com)

Berlokasi di Jalan Mujahiddin No. 23, Kelurahan Talang Semut, Palembang atau tepatnya di daerah Pasar 26 Ilir.  Lokasi warung ini tepat di depan Warung Mie Celor 26 tidak jauh dari depan gerbang masuk pasar 26 Ilir.

Warung Pempek Lala menyediakan aneka jenis pempek khas Palembang, selain menyediakan pempek warung makan lala juga menyediakan berbagai jenis makanan olahan ikan khas Palembang lainnya seperti Pempek Kecil, Pempek Lenjer, Pempek Telor Besar (Pempek Kapal Selam), Model (Sejenis Sup Ikan Khas Palembang), Pempek Lenggang dan Kerupuk Kemplang khas Palembang.

Semua aneka jenis makanan khas Palembang itu dibandrol dengan harga yang sangat pas dan terjangkau untuk kantong kita yang hanya memiliki budget terbatas.

Jangan ragu dengan harganya yang murah karena rasanya sangat luar biasa tidak kalah dengan restoran pempek bintang lima yang lebih tenar.  Banyak yang merekomendasikan toko pempek ini jika ingin membawakan oleh-oleh untuk sanak saudara di tempat lain.

 2. Warung Pempek Dowa

630597

(sumber foto: s-yoolk-images.s3.amazonaws.com)

Warung Pempek Dowa terletak persis di depan seberangan gerbang masuk pasar 26 Ilir.  Warung Pempek Dowa menyediakan aneka olahan ikan khas Palembang, seperti aneka pempek kecil, pempek lenjer, pempek kapal selam, model, kemplang, dan es kacang merah.  Harga yang ditawarkan di warung ini juga sangat terjangkau.

Meskipun bermerek warung pempek, namun menu es kacang merahnya pun digemari oleh banyak pelanggan. Pasalnya, es kacang merah yang terdapat di Warung Pempek Dowa ini sangat khas Palembang, di mana kacang merahnya begitu lembut dan nikmat terasa di mulut.

3. Warung Pempek Mang Ujuk

IMG-20150520-00078

(sumber foto: 2.bp.blogspot.com)

Warung Pempek Mang Ujuk berlokasi di Jalan Tjik Agus Kiemas, Palembang persis di depan Masjid Agung Palembang.  Warung Pempek Mang Ujuk merupakan tempat favorit.

Mengapa Warung Pempek Mang Ujuk begitu karena rasa dari makanan yang disediakan di sini begitu nikmat, rasa cuko yang disediakan di sini juga sangat nikmat. Kamu tentu sudah paham dengan yang namanaya cuko pempek ini. Ia semacam kuah atau saus cuka pedas yang wajib disediakan ketika anda memakan makanan khas Palembang terutama pempek.

Tak heran jika cuko merupakan bagian penting dari makanan khas Palembang. Dimana ada jargon yang berbunyi “Bila cukonya nikmat, bagaimana pun rasa pempeknya pasti akan terasa enak” dan ada pula jargon yang berbunyi seperti ini “Wong Palembang tidak bisa hidup bila tidak minum cuko sehari”. Haha, ada-ada saja ya.

Tak hanya pempek, aneka makanan khas Palembang lainya juga disediakan di sini. Seperti, aneka pempek kecil, pempek kapal selam, pempek lenggang, model, kerupuk, dan srikaya.

4. Warung Terapung

kongko-seru-di-warung-kopi-terapung-AVE

(sumber foto: cdn.sindonews.net)

Kalau warung yang satu ini terletak di tepi sungai musi. Warung ini namanya Warung Apung Mang Ujuk yang memanfaatkan sebuah perahu lalu ditata meja dan kursi yang kira-kira dapat menampung 30 orang. Warung Apung ini menjajakan tekwan, model, lenggang goreng, pisang goreng, risoles dan dos.

Dos adalah versi murah dari pempek, karena hanya terbuat dari sagu dan tanpa campuran ikan, harganyapun merakyat hanya seribu rupiah. Warung Apung ini selalu ramai khususnya pada akhir pekan atau hari libur. Banyak anak muda menghabiskan waktu sambil ngemil makanan ringan di atas perahu. Menarik bukan!

Baca juga: Lima jajanan populer di benteng Kuto Besak ( link to: http://www.laskarwongkito.com/lima-jajanan-populer-di-benteng-kuto-besak/)

 5. Warung Soto Abah Opan

IMG_1147-1160x543

(sumber foto: hellopalembang.com)

Jika tadi kita tawarkan warung pempek khas Palembang, sekarang saatnya makanan berat. Kamu bisa datangi Warung Soto Abah Opan. Soal rasa, juara. Enak dan lumayan murah harganya. Harganya sekitaran 11-12. Maksudnya berkisar Rp 11.000 – Rp. 12.000 untuk satu porsi soto.

Warung soto abah opan ini menjual soto ayam, soto daging, soto babat, sop ayam, daging, dan babat. Selain soto menu lain penunjang makan soto adalah telur asin, pergedel, emping, dan kerupuk. Tempat makan satu ini amat sangat rame pengunjungnya. Apalagi kalo udah jam makan siang, dijamin ngantri buat makan.  Kamu harus rela jika terlambat dan baru dapat kursi setengah jam kemudian.

Lokasinya? Hm, emang agak lumayan susah dicari apalagi kalau orang yang belum begitu kenal dengan Palembang. Tapi sekarang Warung Abah Opan ini, sudah buka cabang di daerah deket Kedaung.  Ada juga dibelakang  mal IP. Silahkan pilih.

Hm, jadi lapar kan? Ya udah buruan aja gih, silahkan berburu tempat makan enak dan tentu saja terjangkau harganya. (red/dil)

Artikel Terkait