Laskarwongkito.com — Memasuki tanggal 20-an biasanya kantong kita mulai terasakan nyeri-nyeri nyes gitu kan. Duh pasti gabut dong, rasa khawatir takut gak bisa makan jelas menghampiri kita di setiap waktu bahkan mungkin bisa setiap detik! Apalagi buat kamu yang hidup sendirian, baik karena tugas belajar dari ortu, maupun sudah kerja.

Nah kali ini tim LWK akan mencoba tips menghemat ala-ala “pengemis handal” buat kalian nih guys, yuk ikuti tips biar uang kamu yang hanya sisa 50 ribu bisa seperti 500 ribuan.

1. Bagi uang 50 ribumu ke pecahan-pecahan kecil

hipwee-modal-20-ribu-640x396

(sumber foto: hipwee.com)

Secara psikologis, membawa hanya 1 lembar uang di dalam dompet membuatmu merasa cemas dan kurang nyaman. Selain was-was jika uangmu tidak cukup untuk kebutuhan sampai akhir bulan, cara ini juga bisa memunculkan perasaan take it for granted pada uang satu-satunya yang kamu miliki.

Perasaan gaje: “Ya udah sih habisin aja!” bisa muncul di otakmu.

Karena itu lebih baik pecah uangmu ke dalam nominal yang lebih kecil. Akan lebih bagus jika kamu bisa membaginya ke dalam nominal yang beragam. Misal,

1 lembar 20 ribuan

2 lembar 10 ribu

1 lembar 5 ribu

2 lembar 2 ribu

1 koin 1000 rupiah

Dengan begini pengeluaran-pengeluaran kecil juga bisa lebih terekam di otak. Pembayaran 7 ribu, 11 ribu sampai uang parkir yang cuma seribu benar-benar kamu perhitungkan di otakmu.

2. Jangan menyerah pada godaan siomay, gorengan apalagi pempek sepeda, yang bikin kamu aseli merugi

BmZbqtYCMAEPFdP

(sumber foto: twimg.com)

Sebenarnya kalau kita mau sedikit lebih hati-hati pengeluaran bisa diatur sedemikian rupa supaya uang cukup — berapapun jumlahnya. Sayang, godaan paling sering datang dari jajanan kecil yang kurang penting tapi dengan ringan bikin kita merogoh kantung.

Agar hidupmu aman saat uang tinggal tak seberapa, kuatkan iman agar jangan tergoda pada godaan siomay 5 ribuan, gorengan 3 biji dua ribuan, dan pempek sepeda yang rasanya pengen mborong semuanya. Sabar dulu sampai gajian atau transferan datang.

3. Masak nasi sendiri + beli Nori atau bubuk cabe di minimarket buat lauknya

DSC_0592

(sumber foto: bukalapak.com)

Sekali makan di warung sederhana kamu bisa menghabiskan minmal 10 ribu rupiah untuk nasi, lauk, sayur dan minum. Kalau begini ceritanya bisa-bisa kamu cuma bertahan 2,5 hari alias 5 kali makan dengan uang 50 ribumu satu-satunya.

Jangan menghamba pada warung di saat-saat ini. Masak nasi sendiri, beli bubuk cabe atau lembaran rumput laut di minimarket. Makanan darurat ini bisa memperpanjang umur uangmu hingga beberapa hari. Termasuk memperpanjang nyawa juga sebenarnya sih, haha..

4. Harus tega bilang, “Sori nggak bisa” setiap ada temen yang ngajakin jalan

slider-ftooto

(sumber foto: malesbanget.com)

Jalan keluar bareng teman memang menyenangkan. Tapi ini bisa jadi pedang bermata dua saat tanggal tua tiba. Senang sih iya. Dan dijamin juga 80% kamu bisa mengeluarkan uang untuk sekadar beli kopi atau ngemil lucu.

Demi mengindari pengeluaran remeh yang bakal membuatmu makin merana, tebalkan muka dan bilang “Nggak!” saat ada ajakan jalan datang. Sabar-sabar lah, prihatin sedikit dulu sampai awal bulan.

5. Punya WiFi di kostan atau rumah? Berteman baiklah dengan YouTube untuk hiburan

upstage-youtube-laptop

(sumber foto: blogspot.com)

Nggak usah keluar, nggak usah ke bioskop buat nonton film terbaru, nggak perlu dateng ke gigs kekinian dulu sampai tanggal menerima transfer ada di depan mata. Bertemanlah baik-baik dengan YouTube dan web streaming film yang ada. Jadi fakir WiFi dulu sementara.

Hehe, belum dicoba mana tahu khasiatnya tips ini. (red/dil)

Artikel Terkait