Laskarwongkito.com — LDR alias Long Distance Relationship memang memberikan tantangan bagi sebagian besar pasangan yang menjalaninya. Salah paham, berantem, bahkan putus mungkin banget terjadi karena jarangnya kalian ketemu. Bahkan, yang mulanya kangen-kangenan pun bisa jadi ajang untuk bertengkar.

Tapi bukan berarti hubungan LDR-mu harus berakhir sendu. Sebelum kalian mengibarkan bendera putih, simak dulu tips ampuh jalani LDR berikut ini :

 1. Stop Memborbardirnya dengan Pesan Singkat

ilustrasi-sms-pakai-titik_20160806_151442

(sumber foto: cdn2.tstatic.net)

 

Mungkin Anda merasa kesal dengan sikap atau perkataannya, tapi tahan emosi Anda. Mengirim pesan singkat yang panjang tentang bagaimana perasaan Anda dan betapa kesalnya Anda adalah ide yang buruk untuk sebuah hubungan jarak jauh.

Di sana mungkin dia juga kesal dengan Anda. Pria lebih tidak bisa mengungkapkan perasaannya, dia mungkin akan lebih diam dan tidak merespon Anda. Kalau sudah begitu, tentu Anda akan lebih kesal karena merasa tidak ditanggapi. Sama seperti hubungan tatap muka, sebaiknya masing-masing dari Anda berikan waktu dan ruang untuk menelaah masalah yang menyebabkan pertengkaran saat LDR.

Biasanya, setelah tenang dan dapat berpikir jernih, Anda akan menyadari bahwa semua ini hanya sebuah kekeliruan sepele dan miskomunikasi.

 2. Akui Kesalahan

dora-655x360

(sumber foto: www.bukafakta.com)

 

Sama seperti argumen lainnya, pertama Anda harus mengakui dulu kesalahan Anda, lalu pada pasangan. Percayalah Anda akan merasa lebih lega. Kalau sudah begitu Anda akan lebih mudah mengungkapkan perasaan tanpa emosi. Kadang saat sudah tenang dan berpikir jernih, Anda akan sadar bahwa ternyata kesalahannya ada pada Anda. Jangan gengsi dan akui kesalahan jika Anda memang bersalah.

 3. Ketika Tidak Ada Dia di Sampingmu, Cari Kesibukan Lain yang Bisa Menjaga Mood-mu

tunatic1-850x637

(sumber foto: sg.image-static.hipwee.com)

Bohong banget kalau LDR nggak ada bosAnnya. Rasa bosAn itu udah manusiawi banget kok. Yang penting, kalian bisa mengatasi hal ini dengan baik. Ngomong jujur ke pacar dan mula cari kegiatan yang bisa menghilangkan rasa bosan dan bad mood kamu ya!

 4. Butuh Usaha untuk Menyelesaikan Pertengkaran saat LDR

7-Komitmen-Ini-Untuk-Kalian-Yang-Melakukan-LDR-Agar-Tak-Makan-Hati-Melulu

(sumber foto: 1.bp.blogspot.com)

Menyelesaikan masalah ketika LDR butuh usaha lebih dibandingkan dengan hubungan biasa. Dalam hubungan biasa, Anda berdua bisa berpegangan tangan untuk menenangkan pasangan atau memperteguh janji komitmen untuk menjadi lebih baik. Saat LDR, Anda paling jauh hanya bisa menatap wajahnya yang sedang tersengguk tanpa bisa lakukan apa-apa.

Anda tidak bisa memeluknya saat menangis, tidak bisa mengusap punggungnya saat dia tidak bisa tecekat air mata. Cara yang paling mudah untuk menyelesaikan pertengkaran adalah dengan tidak memulainya.

 5. Berjalanlah ke Depan

hipwee-06-old-town-alexandria-boat-engagement-session-360x203

(sumber foto:image-serve.hipwee.com)

Setelah Anda berdua berhasil menyelesaikan konflik masalah, tidak perlu diungkit-ungkit lagi di kemudian hari. Untuk menyelesaikan satu konflik saja sudah butuh usaha luar biasa, eh dibuka-buka lagi.

Mungkin Anda orangnya kurang kerjaan, tidak punya kesibukan atau gimana, yang jelas membuka sebuah pertengkaran yang sudah diselesaikan bukanlah hal yang baik. Jika kalian berdua sudah mengorbankan banyak hal hingga sepakat untuk menjalani sebuah hubungan yang berkali-kali lipat lebih sulit dari hubungan biasa, maka jangan lagi menyepelekan hubungan ini seakan-akan hubungan ini lebih mudah daripada hubungan biasa.

Bagaimana, apakah kamu tetap berkomitmen menjalani LDR kamu? Atau.. (red/dil)

Artikel Terkait