Laskarwongkito.com — Dunia jurnalistik kian hari makin berkembang. Jika dulu disebut kuli tinta, lalu berubah menjadi kuli disket. Saat ini, profesi jurnalis sudah semakin meluas. Baik peranan maupun jenis pekerjaannya.

Hal tersebut dikarenakan – salah satunya, diakibatkan perubahan jenis media yang deras berputar dan tentu saja teknologi gadget di dalamnya.

Nah, lima penemuan teknologi berikut ini merupakan bukti teknologi di dunia sudah semakin berkembang, dan sangat berpengaruh terhadap perkembangan dunia jurnalistik.

1. Alat Perekam Audio Digital.

(sumber foto: tokopedia.net)

Sebelum ada alat perekam audio digital, jurnalis hanya bisa mencatat apa yang disampaikan oleh narasumber. Sedikit beranjak, sempat pule menggunakan recorder berbasis pita tape. Tapi kini dengan adanya alat perekam digital, para jurnalis menghasilkan wawancara dengan cepat dan efisien. Yang pastinya, secara drastis mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengedit dan menyiarkan rekaman.

Apalagi sekarang, perkembangan smartphone telah memungkinkan jurnalis menggunakan fitur perekam suara yang sudah semakin jernih.

2. Media Sosial

(sumber foto: dki.go.id)

Kehadiran Facebook, Twitter, Instagram, Path hingga Tumblr sebelumnya sangat berpengaruh pada dunia jurnalistik. Kini seorang jurnalis bisa dengan cepat berkomunikasi dengan narasumber melalui jejaring sosial.

Bagi jurnalis, jejaring sosial memungkinkan reporter dan ruang berita untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan masyarakat. Sebagian besar lalu lintas operasi berita online berasal dari jejaring sosial saat pengguna merekomendasikan dan membagikan cerita individual, bukan publikasi individual, satu sama lain.

3. Google Map

(sumber foto: lh3.googleusercontent.com)

Temuan ini punya manfaat besar bagi dunia jurnalistik. Google Maps pada dasarnya membuat jurnalisme berbasis data baik produksi dan konsumsi sehingga dapat diakses oleh semua orang. Semua menjadi mudah untuk disajikan. Maps, hingga hari ini, tetap menjadi komponen penting dalam dunia multimedia.

4. Laptop/ netbook/ chromebook

(sumber foto: cnet3.cbsistatic.com)

Kamu pasti sering melihat para jurnalis yang menghadiri konferensi pers berkumpul. Di tangan mereka ada laptop yang memudahkan mereka untuk menulis dengan cepat. Mesin tik dan komputer desktop merevolusi jurnalisme modern, tapi komputer laptop itu membebaskan wartawan dari batas ruang berita.

Sebagai laptop menjadi lebih kuat dan murah, mereka sekarang sering berfungsi sebagai laboratorium produksi multimedia mobile. Wartawan sekarang dapat menulis, mendengar ulang merekam atau mengedit video atau audio, atau disiarkan langsung dari komputer laptop dan dari manapun di seluruh dunia. Seiring dengan keberadaan laptop yang semakin kecil dan ringan macam netbook dan chromebook.

5. Internet Wireless

(sumber foto: studentcenter.siu.edu)

Sebuah laptop tidak akan menjadi alat revolusioner bagi jurnalis jika bukan karena internet nirkabel. Wi-fi tempat perpustakaan informasi yang ada di web di ujung jari seorang reporter. Internet nirkabel juga memungkinkan untuk berbicara tentang berita dan peristiwa.

Tak hanya untuk mengakses informasi tambahan, keberadaan internet nirkabel pita lebar juga memungkinkan para jurnalis untuk mentransfer data dalam ukuran jumbo. (red/dil)

Related Post