Laskarwongkito.com — Dalam keseharian kita saat ini kebanyakan anak millenia terlalu sering menatap layar handphone dan komputer, efeknya membuat mata kita menjadi rusak dan terganggu penglihatannya. Waduh bahaya dong ya?

Berikut beberapa gejala kamu memiliki gangguan pada kesehatan mata.

1. Mata Merah

Mata merah sering dijadikan efek dari kurang tidur atau kelelahan. Hal tersebut benar adanya. Hanya saja, jika mata kamu merah dengan sendirinya tanpa alasan tertentu, bisa jadi kamu mengalami peningkatan tekanan intraokular (glaukoma), tekanan intrakranial tinggi, dan diabetes.

2. Mata Kering

Kamu kerap merasa mata pedas dan kering hingga akhirnya mengucek mata. Wah, ini tandanya kamu terindikasi sindrom Sjogren, sindrom yang menunjukkan kelainan sistem kekebalan tubuh langka.

(sumber foto: wordpress.com)

3. Mata Membengkak

Mata bengkak ini bisa jadi penanda tubuhmu kecapaian dan kurang tidur. Kamu butuh tidur dan istirahat lebih banyak agar tubuhmu kembali sehat dan bugar.

4. Sering Mengeluarkan Air Mata Secara Tidak Sadar

Ketika matamu meneteskan air mata dengan sendirinya, hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa mata kering. Biasanya dialami ketika kamu terlalu lama terpapar sinar seperti komputer, TV, maupun smartphone. Terlihat sepele, namun sebenarnya hal tersebut merupakan gejala kelumpuhan saraf. Tak hanya karena kebiasaan, infeksi virus juga bisa menjadi penyebab adanya air mata keluar.

5. Mata Berwarna Kuning

Mata dengan kesehatan normal akan berwarna putih. Sementara jika kamu mendapati mata berwarna kuning itu pertanda terjadi kerusakan pada hati. Bisa jadi itu pertanda kamu mengalami hepatitis, lho.

serem-serem ya guys, nah mulai sekarang ayo jaga kesehatan mata dan jika sudah merasa lima tanda diatas sudah kamu alami segeralah periksa ke dokter. (dil/net)

Artikel Terkait