Laskarwongkito.com — Sebagai warga Palembang, tentunya kita dapat berbangga karena saat ini, Palembang tengah bersolek dengan pembangunan berbagai infrastruktur. Beberapa di antaranya menjadi pembangunan yang prestisius.

Hal tersebut terkait erat dengan agenda besar perhelatan Asian Games dan Moto GP pada 2018 nanti. Di mana Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumahnya.

Semuanya dilakukan demi memperindah kota Palembang dan memberikan kesan nyaman kepada para wisatawan luar nantinya.

Nah guys, kamu perlu tahu dari sekian banyak pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintahan Palembang, inilah lima proyek yang bakal mengangkat nama Palembang di dunia internasional.

1. Light Rail Transit (LRT)

lrt

(Sumber Foto : Iwan Cheristian)

Palembang Light Rail Transit atau disingkat LRT adalah sebuah sistem Mass Transit dengan kereta api ringan (LRT) yang sedang dibangun di Palembang dan menghubungkan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan Kompleks Olahraga Jakabaring. Sebelumnya rencana pembangunan yakni Monorel, yang kemudian diganti LRT karena kesulitan mencari investor yang dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu serta proyek dianggap kurang menguntungkan.

Stasiun yang akan dilewati LRT yaitu Bandara SMB ll, Asrama Haji, Talang Buruk, RSUP, Simpang Polda, Demang Lebar Daun, Palembang Icon, Dishub, Pasar Cinde, Ampera, Poltabes, Jakabaring, OPI Mall dan berakhir di Depot LRT tak jauh dari Apartemen Jakabaring.

2.  Sirkuit Moto GP

proyek-populer-palembang-motogp

(Sumber foto : i2.wp.com)

Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan Kota Palembang menjadi tuan rumah balapan MotoGP. Namun penyelenggaraannya mundur dari 2017 ke 2018. Kota Palembang dipilih karena Sirkuit Sentul yang ada di Pulau Jawa, yang semula menjadi pilihan pertama, ternyata tidak siap secara anggaran.

Sirkuit yang akan dibangun tersebut rencananya memiliki panjang 4.310 meter. Memiliki sembilan tikungan ke kiri dan lima ke kanan, di mana juga punya trek lurus yang berakhir dengan tikungan hairpin, mirip lintasan di Sepang.

3. Apartemen Jakabaring/ Wisma Atlet

proyek-populer-palembang-apartment

(Sumber foto : cdn2.tstatic.net)

Dalam rangka menyambut perhelatan Asian Games 2018 Pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui Perumnas Regional II Sumatera membangun 2.629 unit apartemen yang akan dialokasikan  untuk PNS dan masyarakat umum pasca penyelenggaraan Asian Games 2018.

Rencananya akan dibangun sebanyak enam menara dengan masing-masing tower setinggi 23 lantai dan terdiri dari 2.600 unit apartemen dan 1.748 kios komersial.

4. Flyover

proyek-populer-palembang-flyover

(Sumber foto : cdn2.tstatic.net)

Pembangunan dua jalan layang atau flyover di Simpang Keramasan dan Simpang Bandara-Tanjung Api Api ditargetkan selesai pada penghujung 2017 mendatang.

Flyover Keramasan dikerjakan dengan sistem tahun jamak selama tiga tahun, di mana 300 meter pada 2016, 336 meter pada 2017 dan 14 meter pada 2018. Sementara untuk jalan layang Simpang Bandara-Tanjung Api Api memiliki pengerjaan yang sama, dengan tiga tahun jamak, dimana pada 2016 dikerjakan 300 meter, 2017 dikerjakan 150 meter dan 2018 dengan 10,7 meter.

5. Masjid Raya Sriwijaya

proyek-populer-palembang-masjid-sriwijaya

(Sumber foto : keprinet.com)

Masjid Raya Sriwijaya Jakabaring Palembang, ditargetkan akan selesai awal 2018 mendatang. Masjid yang digadang-gadang termegah di Asia Tenggara dan akan menjadi masjid terbesar di Kota Palembang setelah keberadaan masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin.

Masjid ini akan menjadi Islamic Center bagi kegiatan keagamaan di Provinsi Sumsel. Rencananya kiswah penutup pintu Ka’bah akan dipasang di Masjid Raya Sriwijaya ini. (dil/red)

 

RelatedPost