Laskarwongkito.com — Tahukah kalian, bahwa sekarang sedang dalam pengerjaan pembangunan Masjid Raya Sriwijaya yang dibangun di lahan yang sangat luas dengan arsitektur yang tidak biasa. Masjid ini ditargetkan selesai pada 2018 sebelum perayaan Asian games nantinya.

Tapi kalian juga harus tau dong, sebagai kota Palembang Darussalam yang kental akan budaya religinya, ada beberapa masjid yang melegenda dan masih hits hingga sekarang. Masjid apa saja ya?

1. Masjid Agung

masjid-agung-palembang1

(sumber foto: suzannita.com)

Masjid ini didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badarudin I. Masjid yang terletak di tengah-tengah kota ini memiliki 3 arsitektur yang berbeda. Yaitu, Indonesia, China dan Eropa. Kalau arsitektur Eropa, kita bisa lihat dari pintu masuk di gedung baru masjid yang besar dan tinggi seperti bangunan-bangunan Eropa.

Sedangkan arsitektur Chinanya  langsung terlihat dari atap masjid utama yang mirip dengan atap kelenteng. Bahkan, Masjid ini dulunya adalah masjid terbesar di Indonesia selama beberapa tahun.

2. Masjid Suro

mesjid-ki-gede

(sumber foto: baringopi.files.wordpress.com)

Masjid Al-Mahmudiyah atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Suro adalah salah satu masjid tertua yang berusia lebih dari seratus tahun dengan bangunan yang masih berdiri kokoh seperti awal pembangunannya. Masjid yang didirikan oleh Kiyai Abdurahman Delamat yang merupakan salah satu ulama besar di kota palembang pada tahun 1893 berjarak satu kilo meter dari pusat kota Palembang.

Di dalam ruang utama masjid terdapat 16 tiang sokoguru berbahan kayu yang hingga kini masih kokoh menopang masjid dari awal pembangunan hingga saat ini hanya dua buah tiang yang sudah mengalami renovasi karena di makan usia

. Masjid Suro yang terletak di Jalan Ki Gede Ing Suro, Kelurahan 30 Ilir ini merupakan salah satu masjid tertua di kota palembang, pada setiap bulan puasa di masjid ini selalu membagi-bagikan bubur untuk berbuka bagi warga sekitar.

3. Majid Cheng Ho

masjidchengho

(sumber foto: 1.bp.blogspot.com)

Masjid ini bukan masjid biasa guys. Kenapa? Karena masjid ini merupakan masjid  bernuansa Muslim Tionghoa yang paling terkenal di kota Palembang. Masjid yang dibangun dengan unsur Cina, Melayu dan Indonsia ini sebenarnya bernama Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya Palembang. Masjid yang berlokasi di daerah Jakabaring Palembang ini didirikan oleh Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel  serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang.

4. Masjid Lawang Kidul

feature_masjid_lawangkidul-1160x543

(sumber foto: hellopalembang.com)

Kalo Masjid yang satu ini didirikan oleh seorang ulama termansyur di kota Palembang, yaitu Kiai Merogan. Masjid ini terletak di tepian Sungai Musi di semacam tanjung yang terbentuk oleh pertemuannya dengan muara Sungai Lawangkidul, di kawasan Kelurahan Lawang Kidul, Kecamatan Ilir Timur II.

Konon, material bangunan masjid ini terdiri dari kapur, telur dan pasir. Sedangkan bahan kayunya terbuat dari kayu unglen. Waw, lihat saja masjid ini tetap berdiri kokoh sampai sekarang loh.

5. Masjid Raya Sriwijaya

Ilustrasi_Komplek_Masjid_Raya_Jakabaring_Palembang

(sumber foto:dakta.com)

Masjid Raya Sriwijaya yang berada di Jakabaring Palembang ini digadang-gadang menjadi masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid yang dibangun di atas lahan seluas 20 hektare yang didukung dengan peralatan modern diharapkan selesai sesuai dengan rencana sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

Masjid ini nantinya akan menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi masyarakat muslim di provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota itu. Dengan dijadikannya sebagai pusat kegiatan keagamaan, diharapkan masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga dapat dimanfaatkan lebih maksimal sebagai pusat kehidupan komunitas muslim, perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Alquran. (red/dil)

Artikel Terkait