Laskarwongkito.com — Momen 17 Agustus selalu diwarnai dengan perayaan dari seluruh daerah di Indonesia setiap tahun. Berbagai persiapan pun dilakukan menjelang 17 Agustus, mulai dari menghiasi lingkungan dengan berbagai atribut khas 17-an, memasang bendera dan umbul-umbul di depan rumah, hingga mempersiapkan berbagai lomba untuk memeriahkan hari kemerdekaan. Yup, selain upacara bendera, perayaan 17 Agustus juga identik dengan berbagai lomba yang diadakan sebagai peramai.

So, ingin tahu 5 jenis perlombaan yang unik, menarik, meriah, dan pastinya heboh? Yuk kita lihat dibawah ini.

1. Lomba Panjat Pinang

(sumber foto: porosjakarta.com)

Apakah anda pernah mengikuti lomba panjat pinang? Yups lomba yang satu ini yang paling sulit, Semua pasti sepakat bahwa panjat pinang merupakan lomba paling sulit! Hal ini cukup wajar mengingat setiap pinang (pohon jambe) yang digunakan telah dilumuri dengan oli atau minyak goreng. Selain itu tingkat ketinggian pohon juga mempengaruhi sulitnya mendapatkan hadiah diperlombaan ini. Diperlukanya kekompakan dalam tim dan butuh tenaga yang extra.

2. Lomba “lompat tinggi” di air

(sumber foto: i2.wp.com)

Salah satu perlombaan untuk memeriahkan acara 17 Agustus adalah “Roket Manusia” di air. Kamu bisa melakukan permainan ini di kolam renang ataupun di sungai kecil yang ada di daerah tempat tinggalmu. Bagilah peserta ke dalam 2-3 grup, dimana masing-masing grup memiliki 1 anggota yang menjadi perwakilan yang akan diangkat untuk melewati palang berupa kayu.

Pola permainan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan lompat tinggi. Jika sudah berhasil melewati satu palang, setiap grup akan ditantang untuk melewati palang lain yang lebih tinggi dari palang sebelumnya. Seru bukan?

3. Lomba Menangkap Belut

(sumber foto: klikhotel.com)

Nah kali ini ada lomba 17 Agustus yang bisa dilakukan oleh semua kalangan umur, mulai dari orang tua, remaja bahkan anak kecil sekali pun, tangkap belut! Makin besar kolam belutnya, makin seru pula permainan ini. Jika ada empang di sekitar tempat tinggalmu, gunakan empang tersebut sebagai tempat untuk menyelenggarakan perlombaan tangkap belut ini. Tapi jika tidak ada tempat yang memadai, kamu juga bisa menggunakan ember untuk menampung belutnya.

4. Sepak bola daster

(sumber foto: suaramerdeka.com)

Sepak bola sudah menjadi salah satu olahraga favorit yang kerap diperlombakan di setiap perayaan 17 Agustus. Sepak bolanya sih emang udah biasa, tapi pakaian pemain-pemainnya ini yang nggak biasa. Bukan pakai jersey, bukan pakai kaos, tapi pakai daster. Ya daster yang biasa dipakai ibu-ibu saat bersantai di rumah!

Para pria akan bermain sepak bola seperti biasa, tapi dengan mengenakan pakaian daster istri ataupun ibu mereka. Bukan cuma para peserta yang menguras tenaga, tapi tenaga para penonton juga akan terkuras, terkuras karena nggak bisa berhenti tertawa melihat aksi para pesepak bola daster ini 😀

5. Perang bantal

(sumber foto: si.wsj.net)

Permainan di air yang bisa jadikan sebagai salah satu lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus di tempatmu adalah perang bantal. Pastinya kamu juga sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Perang bantal biasanya dimainkan oleh  2 orang yang duduk di sebuah kayu yang dipasang di atas air. Kedua peserta ini saling memukul bantal ke lawannya dan siapa yang bisa bertahan hingga akhir, dialah yang jadi pemenangnya. (dil/net)

Artikel Terkait