Laskarwongkito.com — Di setiap kota pasti mempunyai perbedaan tersendiri entah itu dari gaya hidup ataupun biaya hidupnya. Tentu saja, setiap orang pasti berharap kota yang ditempatinya memiliki biaya hidup yang rendah. Sehingga tidak terlalu khawatir akan pengeluaran biaya sehari-hari.

Namun nyatanya, tidak semua seperti diharapkan. Lalu tahu kamu kota mana sajakah yang termasuk dalam lima kota dengan biaya hidup termahal?

Yuk disimak.

1. Surabaya

Pemandangan_Kota_Surabaya

(sumber foto: upload.wikimedia.org)

Pada tahun 2014 pendapatan perkapita masyarakat Surabaya sekitar 84 juta perkapita setiap tahun, Perekonomian kota Surabaya melaju pesat dalam beberapa tahun terakhir, sehingga jika ingin hidup layak di kota Surabaya harus mengeluarkan uang 6 juta perbulan, menurut hasil survey Badan Pusat Statistik. Kota Surabaya dipatok dengan upah minimum 3 juta rupiah.

2. Depok

242356_620

(sumber foto: cdn.tmpo.co)

Menurut hasil survey Badan Pusat Statistik, perkonomian kota depok kebanyakan dipengaruhi oleh keberadaan kelas menengah yang bekerja diluar depok seperti di ibukota. Depok memiliki upah minimum kota yang hanya dipatok sebesar 3 juta rupiah perbulan sedangkan biaya hidup layak atau normal di kota ini mencapai 6,3 juta rupiah perbulan.

3. Ternate

Wonderful_Ternate._North_Maluku._Indonesia.mp4_20150927_094807.400

(sumber foto: upload.wikimedia.org)

Di posisi ke 3 ada Kota Ternate sebagai biaya hidup tertinggi. Biaya hidup layak di Ternate sebesar 6,4 juta rupiah, karena Badan Pusat Statistik menafsirkan bahwa 35% biaya hidup dipakai untuk makan saja, sementara sisanya terbagi oleh biaya kebutuhan sehari-hari seperti biaya transportasi, pendidikan, serta pengeluaran lain nya. Biaya hidup layak sebesar 6,4 juta rupiah sedangkan menurut Badan Pusat Statistik, upah minimumnya sebesar 1,9 juta rupiah.

4. Jayapura

indovision jayapura2

(sumber foto: blogspot.com)

Kota Jayapura menempati peringkat 2 sebagai kota dengan biaya hidup tertinggi. Untuk dapat hidup layak di kota ini yaitu sebesar 6,9 juta rupiah, penyebabnya karena langkanya infrastruktur dan biaya tranportasi yang sangat mahal di kota Jayapura ini. Sedangkan UMPnya hanya sebesar 2,4 juta rupiah.

5. Jakarta

Jakarta

(sumber foto: hoganlovells.com)

Dan urutan pertama yang menempati kota dengan biaya tertinggi adalah ibukota Indonesia, yaps kota Jakarta. Menurut hasil survey Badan Pusat Statistik untuk dapat hidup layak di Jakarta dibutuhkan biaya sekitar 7,5 juta rupiah perbulan, sedangkan UMK untuk kota ibukota Indonesia ini hanya sekitar 2 juta rupiah sampai 3 jutaan.

Itulah 5 Kota dengan biaya tertinggi di Indonesia, sebenarnya biaya hidup ini diperuntungkan bagi oleh mereka yang sudah berumah tangga dan memiliki anak sehingga biaya yang harus di keluarkan memang begitu besar jika tinggal di 5 kota di Indonesia ini. (red/dil)

Artikel Terkait