Laskarwongkito.com — Tahun ini, dilaksanakan uji coba Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Base Test yang biasa disingkat dengan UNBK/CBT. Sistem ini memanfaatkan komputer sebagai media ujiannya. Dibanding UN berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan, UNBK diklaim memiliki keunggulan dan beberapa perbaikan.

DKI-Jakarta-targetkan-UNBK-2017-untuk-seluruh-SMP

(sumber foto: ekolahsiapunonline.com)

Nah mulai hari ini (3/4/2017) siswa/i SMA sudah mulai UN di hari pertama. Tapi nggak usah khawatir. Lima hal menarik ini wajib kalian ketahui tentang UNBK ini. Yuk simak..

1. Siswa Mengerjakan Soal Ujian Lebih Cepat Selesai

Fakta ini seakan terabaikan oleh para siswa dan orang tua. Bahwa dengan menggunakan sistem yang ada pada UNBK, siswa tidak perlu khawatir akan kesalahan dalam pengisian biodata yang wajib diisi pada LJK. Biasanya mengerjakan sistem manual di LJK bisa memakan waktu sampai 5 menit atau lebih, belum lagi resiko salah isi, akan membuat siswa tidak lulus karena nilainya tidak ada yang punya.

Sementara pada UNBK kamu cukup memasukkan Username dan Password di komputer tempat UNBK maka kamu pun sudah bisa langsung menjawab dengan tenang.

2. Gak Perlu Takut kalau Gaptek

Buat kamu yang kurang terlalu lihai atau mahir dalam menggunakan komputer tidak perlu khawatir karena siswa akan kesulitan. Pasalnya siswa akan dipandu oleh orang-orang profesional di bidangnya seperti Proktor dan Teknisi. Dipastikan tak akan menyulitkan siswa dalam mengerjakan meskipun bukan orang yang mahir menggunakan komputer.

16789927_1876159872665689_1340672044286607360_n

(sumber foto: scontent.cdninstagram.com)

3. Nilai Kejujuran dalam Mengerjakan Soal

Kejujuran merupakan hal yang pasti akan siswa dapatkan ketika menggunakan sistem UNBK ini. Pasalnya resiko terjadi kecurangan atau manipulasi data, kebocoran soal dan lain sebagainya akan semakin tipis. Baik itu siswa maupun orang tua jangan takut untuk menggunakan sistem UNBK ini, pasalnya ini merupakan langkah untuk membuat peserta ujian bisa jujur dan serius dalam belajar. Sekarang jujur atau mau tidak jujur silahkan tentukan yang baik yang mana.

4. The Power tombol “F5” di Keyboard

Hal yang sering terjadi ketika ujian nasional berbasis komputer ini adalah terjadi “ngelag” atau aplikasi ujian nasionalnya tidak bisa diklik tenang jangan panik. Nah, itu bukanlah masalah yang besar kamu dapat menekan tombol “F5” yang ada di Keyboard Komputer kamu, maka semua akan berjalan lancar seperti biasa.

5. Berdoalah sebelum Ujian Nasional Berlangsung

Selain mempersiapkan fisik kamu juga perlu untuk melakukan ritual spiritual. Doa merupakan hal yang mujarab untuk bisa membuat kamu siap dalam menghadapi sesuatu. Jadi berdoa lah. (red/dil)

RelatedPost