Laskarwongkito.com — Setiap ada film di bisokop yang baru dirilis, pastinya kalau menarik kita akan berlomba-lomba menontonnya bukan. Nah buat pecinta film, kalian juga kudu tau dong film zaman dulu yang terkenal dan menjadi bukti perkembangan era perfilman Indonesia, apa aja ya?

1. Loetoeng Kasaroeng

220px-Loetoeng_Kasaroeng_p67

(sumber foto: upload.wikimedia.org)

Film Indonesia ini merupakan film yang dibuat pada tahun 1926. Meskipun diproduksi dan disutradari oleh pembuat film asal Belanda, namun film ini merupakan film pertama yang dirilis secara komersial dan melibatkan aktor dan aktris Indonesia.

2. Resia Boroboedoer

4.-Resia-Boroboedoer-1928

(sumber foto: bp.blogspot.com)

Film yang dibuat pada tahun 1928 ini diproduksi oleh Nancing Film Co dan dibintangi oleh Olive Young. Film ini merupakan film bisu yang menceritakan tentang rahasia di Candi Borobudur.

3. Rampok Preanger

Rampok Preanger (1929)

(sumber foto: Rampok Preanger)

Film ini dibuat pada tahun 1929 dan ini merupakan film bisu. Berkisah tentang Ibu Ining yang tidak pernah merasakan bangku sekolah yang merupakan seorang penyanyi keroncong terkenal.

4. Boenga Roos dari Tjikembang

boenga-roos-dari-tjikembang-1931

(sumber foto: slazhpardede.files.wordpress.com)

Film ini dibuat pada tahun 1931 dan merupakan film bersuara pertama di Indonesia. FIlm ini menceritakan tentang hubungan antar etnis China & pribumi.

5. Darah dan Doa

Darah_dan_Doa_1950

(sumber foto: upload.wikimedia.org)

Film ini dibuat pada tahun 1950 dan merupakan film pertama Indonesia yang dibuat oleh orang Indonesia. Film ini merupakan karya Usmar Ismail dan dibintangi oleh Faridah. Film yang sepenuhnya dibuta oleh orang pribumi ini diproduksi oleh Perusahaan Film Nasional Indonesia dan syuting pertamanya pada tanggal 30 Maret 1950.

Tanggal inilah yang menjadi cikal bakal Hari Film Nasional. Kisah film ini berasal dari skenario buatan penyair Sitor Situmorang, di mana menceritakan kisah cinta pejuang revolusi Indonesia dengan tawanannya yang seorang Belanda.

Bagaimana menurut kamu guys? (red/dil)

Artikel Terkait