Laskarwongkito.com — Keberadaan Rumah Limas merupakan bukti sejarah yang kuat di Palembang. Di tengah perkampungan, sudah sangat sedikit rumah limas yang tersisa. Kita masih bisa menjumpai bentuk Rumah Limas asli yang terletak di Museum Balaputera Dewa Jl Srijaya Negara I No 288, Palembang.

Oya, mungkin kamu sering melihatnya ada di gambar uang 10 ribu lama, sebelum adanya pergantian uang baru-baru ini. Nah, tahukah kamu jika di balik sejarah Rumah Limas yang ada di museum tersebut, ternyata ada beberapa fakta yang perlu diketahui. Apa aja ya? Yuk kita kepoin..

WhatsApp Image 2017-03-21 at 15.11.11

(sumber foto: img.okezone.com)

1. Umurnya 300 tahun

Rumah Limas di Museum Balaputera Dewa jadi yang paling bersejarah di Palembang. Rumah ini usianya sudah mencapai 300 tahun dan masih terawat dengan baik hingga sekarang.

2. Yang masih asli hanya ada di Museum Balaputera Dewa

Anda mungkin menemukan Rumah Limas lainnya selain di Museum Balaputera Dewa saat melancong ke Sumatera Selatan. Tapi asal tahu saja, Rumah Limas yang masih terjaga keasliannya hanya ada di museum tersebut. Hanya saja, beberapa isi bagian rumahnya sudah dipindahkan ke TMII.

WhatsApp Image 2017-03-21 at 15.11.28

(sumber foto: gosumatra.com)

3. Punya tiga fungsi

Kalau diperhatikan, Rumah Limas memang bertipe rumah panggung. Ketiga fungsinya bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman para penghuni di dalamnya.

Pertama untuk menghindari banjir, lalu juga untuk menghindari serangan binatang buas. Terakhir, biasanya dibagian bawah Rumah Limas dilangsungkan kegiatan membuat makanan.

4. Bagian dalam yang bertingkat, tapi bukan menandakan kasta

Bagian dalam Rumah Limas terdiri dari tiga tingkat. Namun, hal itu bukan menandakan suatu kasta tertentu, melainkan biasanya yang di bawah itu letaknya untuk anak muda dan di atas orang tua. Biasanya kan anak muda kalau ngumpul-ngumpul begitu suka berisik.

5. Pernah didatangi Ratu Beatrix dan Pangeran Willem

Keunikan Rumah Limas ternyata mencuri perhatian turis mancanegara. Buktinya, beberapa tamu kehormatan negara pernah datang ke rumah ini seperti Ratu Beatrix dan anaknya yang bernama Pangeran Willem sekitar tahun 1993. (red/dil)

Artikel Terkait