Laskarwongkito.comSob, semakin ke sini,  usia penderita kanker semakin muda. Umur 20-an akhir malah sudah banyak yang meninggal akibat penyakit yang menyerang orang muda aktif di usia produktif.

Nggak salahnya, jika semakin dini, kita mengetahui jenis-jenis penyakit – utamanya penyakit kanker. Mulai dari gejala, pola makan dan gaya hidup yang salah, mager alias malas bergerak,  paparan zat-zat berbahaya yang berpotensi menimbulkan kanker (karsinogen) dan sebagainya.

Nah, salah satu organ penting yang kini juga menjadi sasaran penyakit pertumbuhan sel kanker adalah paru-paru. Tahu kan, kalo paru-paru itu merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh yang bekerja mendapatkan oksigen dan bertugas mengeluarkan karbondioksida ketika kita menghela napas serta menyebarkan oksigen ke dalam darah.

Gak kebayang dong kita kesulitan nafas yang disebabkan karena malas berolahraga. Berikut tim LWK kasih tips kesehatan bagaimana ciri kanker paru-paru.

1. Nyeri Dada

1023196-pasienjantungstroke-780x390

(sumber foto: assets.kompas.com)

 

Ciri-ciri kanker paru-paru ini merupakan gejala paling umum yang membuat penderita kanker paru mencari pengobatan ke dokter atau rumah sakit. Nyeri dapat timbul di dada, bahu bahkan di punggung. Sifat nyeri dada juga dapat terasa tajam, tumpul, timbul terus menerus atau malah kadang nyeri dan kadang tidak.

2. Batuk-Batuk

batuk-berdahak

(sumber foto: www.gudangkesehatan.com)

Gejala batuk merupakan ciri-ciri kanker paru-paru paling umum nomor dua setelah nyeri dada. Batuk yang terjadi dapat kronis atau melebihi 8 minggu. Batuk juga dapat disertai dahak atau dapat juga malah berupa batuk kering. Meski telah diobati dengan obat apotek atau pun obat tradisional, batuk tidak kunjung sembuh dan terus menetap. Perhatikan juga pola perubahan batuk. Misalnya para perokok yang biasanya batuk biasanya akan merasa bahwa pola batuknya berubah dengan mengeluarkan lebih banyak dahak atau darah.

3. Nyeri Tulang

sakit-punggung-belakang-300x162

(sumber foto: sakitpunggung.org)

Sensasi nyeri pada tulang merupakan gejala kanker paru-paru yang umum pula. Nyeri pada tulang dapat dirasakan dimana saja, meski paling sering terasa di tulang punggung. Biasanya nyeri tulang terasa pada malam hari dan menghilang bila beaktivitas. Namun nyeri dapat timbul kapan saja. Nyeri pada tulang disebabkan karena kanker yang awalnya berada di paru menyebar ke tulang melalui aliran darah.

4. Sesak Napas

Cara-mengatasi-sesak-nafas-atau-asma

(sumber foto: klikpintar.com)

Perubahan pola napas merupakan ciri-ciri kanker paru-paru lainnya. Perasaan sesak dirasakan sebagai sulit menarik napas atau terasa seperti ada yang mengencangkan saluran pernapasan Anda. Gejala ini dapat timbul karena massa tumor yang mendesak saluran napas Anda. Jangan hiraukan sesak napas yang sering timbul setelah beraktivitas seperti jalan kaki, melakukan pekerjaan rumah tangga atau bahkan pekerjaan sederhana seperti mandi atau memakai baju.

5. Badan kurus

10-things-you-can-t-wear-if-you-re-skinny-136795467172_zps2cb9cba1

(sumber foto: 1.bp.blogspot.com)

Penyakit paru-paru dapat membuat seseorang kelihatan begitu kurus dan inilah yang biasanya akan membuat orang merasa takut sebab cenderung menampakkan tonjolan tulang-tulangnya. Bagian tulang paling menonjol adalah tulang tangan, leher dan kaki dan ini dapat juga dikaitkan dengan kurangnya asupan gizi selain karena masalah pernapasan.

Agar lebih yakin, jika kamu sudah merasa ada yang tidak beres dengan tubuh kamu, segera sambangi dokter. Tujuannya, bisa dicegah sedini mungkin, ya gak Sob? (red/dil)

Artikel Terkait