Laskarwongkito.com — Pembangunan di Kota Palembang membuat banyak kalangan berdecak kagum. Bagaimana tidak, kota yang dulu terkenal kumuh dan akrab dengan istialh pisau di pinggang, kini telah berubah menjadi kota metropolis dan kerap menjadi tempat penyelenggaran even-even internasional.

Nah, buat yang belum tahu, ini lima bukti kalo kini kota Palembang Darussalam telah melompat jauh menjadi kota yang semakin maju. Perubahan apa saja itu?

1. Pembangunan LRT

lrt

(sumber foto: Iwan Cheristian)

Light Rail Transit atau yang lebih kita kenal dengan LRT ini emang lagi giat-giatnya dibangun sampai-sampai bikin macet di mana-mana. Tapi, dibangunnya LRT itu pertanda bahwa Palembang makin maju. Pasalnya, LRT identik dengan negara-negara maju. Biasanya, kereta ini ada di negara sibuk dan maju seperti Korea dan Jepang. Dan sekarang, Palembang menjadi kota pertama di Indonesia yang proyek pembangunan LRT-nya akan selesai pertama sekali. Beberapa kepala daerah malahan mengaku iri karena Palembang sudah memulai membangun proyek LRT ini.

2. Pembangunan Menjamur di Sana-Sini

PALEMBANG MILIKI DUA FLY OVER LAGI

(sumber foto: blogspot.com)

Selain LRT, masih banyak proyek pembangunan lainnya. Contohnya saja di Jakabaring akan dibangun Islamic Sriwijaya Center dan Palembang International Circuit yang akan menambah kelengkapan di bidang olahraga. Selain LRT yang lagi heboh-hebohnya, ada pembangunan lain yang lagi heboh yaitu Jalan Tol Kayu Agung-Palembang dan juga pembangunan dua Fly Over di Simpang Tanjung Api-Api dan Simpang Kramasan.

3. Semakin Ramainya Tempat-Tempat Hiburan

20150425_155642-01

(sumber foto: blogspot.com)

Semakin banyak pendatang, tentu berimbas kepada kebutuhan hiburan dan rekreasi. Maka menjamurlah beberapa tempat hiburan, mulai dari mall, tempat nonton hingga cafe. Jangan heran jika semakin banyak yang dibuka serta semakin banyak aja jenis-jenis kuliner baru.

Bisa kita lihat kan baru aja ada tempat nongkrong yang baru buka, eh besoknya udah ada lagi. Jadi bikin bingung nih mau coba yang mana dulu.

4. Pola Hidup yang Semakin Modern

Instagram-Aplikasi-Ilustrasi

(sumber foto: d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net)

Kalau bahasa kerennya itu “kekinian”. Kayak ketika lagi makan di cafe yang mahal gitu, terus makanannya difoto dulu sebelum dimakan terus foto makanan tadi di-upload di akun sosmed yang kalian punya kayak instagram, path, dan snapchat. Selain itu, yang pertama dilakuin check in dulu (kayak mau nginep di hotel aja) terus foto-foto bareng temen, di-upload. Biasanya nih, emang tiga sosmed itu yang paling sering dipake buat nunjukin “kekinian”.

5. Menjadi Pusat Berbagai Ajang Bergengsi

img_0553

(sumber foto: proud2ride.files.wordpress.com)

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Palembang sudah tiga kali menjadi tuan rumah bagi “pesta olahraga”, yaitu tahun 2011 Sea Games, tahun 2013 Islamic Solidarity Games, dan tahun 2014 Asean University Games. Dan dalam dua tahun ke depan, Palembang akan kembali menjadi tuan rumah lagi yaitu Asian Games 2018 dan MotoGP 2018. Selain sebagai tuan rumah “pesta olahraga”, Palembang juga pernah menjadi tuan rumah ajang penghargaan tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia, yaitu Festival Film Indonesia yang dilaksanakan Desember 2014 yang lalu.

Waduh, kalau sudah begini pantas saja Wong Plembang makin bangga dengan kotanya ya? (red/dil)

Artikel Terkait