Laskarwongkito.com — Lagi hangat-hangatnya nih guys soal pemerintah yang hendak memindahkan ibukota. Kabar-kabarnya sih, mau dipindahkan ke Palangkaraya, Kalimantan. Wah, bagaimana jadinya ya jika ibukota benar-benar dipindahkan. Pastigimana gitu kan ya?

Tapi, sebelum pemerintah mengeluarkan wacana soal pemindahan ibukota tersebut, ternyata sejumlah sejarawan, pekerja budaya, dan aktivis di Palembang sudah duluan melemparkan isu pemindahan tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, mereka menawarkan Palembang sebagai Ibu Kota Indonesia. Alasan yang dikemukakan saat itu adalah kondisi Jakarta yang sudah tidak layak lagi untuk menjadi sebuah Ibu Kota.

(sumber foto: blogspot.com)

Lalu, kira-kira apa ya alasan mereka, sehingga ‘berani’ menawarkan kota Palembang layak jadi Ibu Kota negara Indonesia? Simak yuk lima alasan berikut ini :

Pertama, Palembang merupakan kota salah satu tertua di Indonesia, sehingga memiliki sejarah kuat dengan perkembangan sejarah Nusantara, sebab pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya dan titik awal penyebaran ajaran Islam dari Tiongkok yang dibawa Cheng Ho.

Kedua, berdasarkan sejarah, Palembang juga merupakan wilayah yang paling aman dari berbagai bencana alam. Palembang aman dari segala bencana alam seperti tsunami, gempa bumi, dan lainnya. Begitu pun daerah sekitarnya relatif aman, terutama di teluk Bangka. Ini berbeda dengan wilayah lain di Indonesia, termasuk di Kalimantan.

Ketiga, Palembang merupakan daerah yang mana masyarakatnya dapat beradaptasi dengan berbagai suku-bangsa di Indonesia maupun di dunia. Belum ada catatan adanya bentrok yang berbau SARA di Palembang. Ini tidak seperti di daerah lain.

Keempat, Palembang memiliki kawasan yang strategis yang dapat dijadikan ibukota. Sebab dekat dengan batas hubungan internasional yakni di sekitar kawasan Tanjung Api-api. Kawasan ini dulunya di masa Sriwijaya sempat menjadi kawasan paling ramai, begitu catatan I-Tsing, seorang penjelajah dari Tiongkok yang pernah berkunjung ke Sriwijaya

Kelima, Palembang dikelilingi oleh berbagai sumber energi maupun kebutuhan lainnya.

Nah bagaimana menurut kalian guys, sepakat nggak jika ibukota dipindah ke Palembang? (red/dil)

RelatedPost