PALEMBANG — Pendidikan inklusi adalah pendidikan dari sekolah biasanya untuk anak-anak yang mengalami masalah keterbelakangan mental dan disabilitas dan tidak memperoleh kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti siswa normal lainnya.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 18 yang menjadi salah satu pilot project penyelengara pendidikan inklusi tingkat SMP, dari 1140 siswa, ada 20 anak berkebutuhan khusus (ABK) yang mengenyam pendidikan inklusi.

Salah satu guru mata pelajaran Matematika kelas 7 VII, Erna Feroza mengatakan, penerapan dan pemahamam materi kepada siswa ABK memang diberikan secara perlahan dan bertahap. Ia juga harus mengerti dan selalu bersabar dalam mendidik siswa ABK.

“Step by step yang saya lakukan dalam memberikan pembelajaran kepada mereka. Siswa ABK harus selalu lebih diperhatikan agar mereka bisa mengerti dalam proses belajar,” katanya usai mengajar siswa ABK, Senin (20/02).

Dirinya mengaku, selama ini untuk mendidik siswa ABK belum ada pelatihan dan pembekalan kepada guru.

“Jadi guru disini mendidik siswa ABK dengan pengalaman secara otodidak. Dan hanya fokus mengajar seperti biasanya, layaknya anak sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, kepala sekolah SMP Negeri 18 Palembang, Badaruddin mengungkapkan, sejak tahun 2015, berdasarkan surat keputusan (SK) Dinas Pendidikan kota Palembang, SMP Negeri 18 telah menjadi satu pilot project penyelengara pendidikan inklusi tingkat SMP.

“Selama ini siswa ABK yang kita terima hanya mengalami keterbelakangan mental, dan tidak ada yang mengalami kekurangan fisik. Ya jadi seharusnya setiap kecamatan 1 SMP sekolah project pendidikan inklusi. Namun sekarang yang baru berjalan hanya tiga yakni SMP N 18 dan SMP N 14, SMP 13,” ungkapnya.

Badaruddin mengaku, antara siswa yang normal dan ABK tidak mengalami masalah. Melainkan, siswa normal membantu dan mengarahkan temannya yang ABK dalam memahami pembelajaran.

“Mereka kita gabung, siswa normal dan ABK sama saja. Mereka sama sekali tidak bermasalah, malahan sangat membantu terhadap temannya yang ada kekurangan,” pungkasnya. (juniara)

Artikel Terkait