PALEMBANG — Eks pelatih Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa mengaku dapat menerima keputusan manajemen laskar wong kito yang memberhentikannya usai laga melawan Persija Jakarta (16/6) lalu dan menyebut dirinya tidak kapok berkiprah di sepakbola Indonesia. Meski akan beristirahat untuk sementara waktu, namun pelatih asal Brasil ini menegaskan tetap melanjutkan kariernya di tanah air.

Lessa juga menyatakan bahwa sebelum laga melawan Persija tersebut, dirinya sudah paham risiko yang akan dihadapinya bila anak asuhnya gagal meraih hasil maksimal. “Saya pikir manajemen wajar dan punya hak untuk melakukan pergantian, tapi jika ditanya apakah saya trauma dengan hal ini, maka saya pasti akan bangkit. Hal ini biasa di dunia sepakbola, mungkin nanti di putaran kedua saya bisa mendapat klub kembali,” ungkapnya saat dihubungi Senin (20/6) sore.

Dirinya pun menyebut tidak ingin terlalu berpolemik mengenai kariernya bersama SFC yang tidak bertahan lama. “Saya pikir kami sudah melakukan yang terbaik, mungkin orang tidak banyak yang melihat bagaimana seluruh pemain berlatih dengan baik dan kerja keras setiap harinya. Tetapi dalam pertandingan tentu fans hanya ingin kemenangan, ini normal terjadi,” tambahnya.

Sementara itu, pernyataan maaf Keith Kayamba yang menyatakan belum bisa kembali ke SFC di musim ini mendapat tanggapan dari banyak netizen di dunia maya. Beberapa beranggapan langkah manajemen memulangkan kembali Kayamba merupakan solusi mengembalikan kejayaan tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini.

“Yang tahu semua kebutuhan tim SFC hanyalah legendanya, semoga kembali Kayamba,” ungkap salah satu netizen Ade Apriansyah. Namun uniknya, beberapa netizen lainnya justru Kayamba tidak kembali untuk saat ini mengingat persaingan di kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 sangatlah ketat.

“Sedih jika papa Gumbs melatih SFC dan gagal seperti Iswaldo Lessa. Nanti dikatoi (diejek-red) orang,” ujar Saputra Rio menjawab postingan mengenai rumor Kayamba di sosial media. Hal yang sama disampaikan M Ridwan, netizen lainnya yang juga mengaku tidak bisa membayangkan bila nantinya muncul tagar #KayambaOut jika gagal melatih SFC. “Lokak ado #KayambaOut gek berarti min, lemak jangan ngembek legenda kalo dak sesuai harapan gek bingung nak dibuang apo nak lanjut,” tulisnya.

Menjawab komentar tersebut, Keith Kayamba sendiri langsung merespon dan menuliskan ucapan terima kasihnya kepada seluruh fans SFC. Terima kasih @swirijayapedia kalian sudah mengerti, semoga pilihan pelatih manajemen nanti jadi yang terbaik dan SFC bisa berkembang. Sukses selalu untuk seluruh pemain, manajemen dan official yang ada di SFC sekarang, tetap semangat, kompak, bantu satu sama lain dan kerja keras,” jawab top skor sepanjang masa SFC ini. (dedi)

Artikel Terkait