PALEMBANG — Osvaldo Lessa menyebut Sriwijaya FC mulai mengerti pola strategi yang akan dipersiapkannya untuk menghadapi pelaksanaan Liga 1 Indonesia yang segera bergulir 15 April mendatang. Hal ini disebutnya usai laga uji coba melawan Persika Karawang, Kamis (30/3) sore di stadion Singa Perbangsa yang dimenangkan anak asuhnya dengan skor telak 3-0.
Salah satu yang paling disorotnya adalah menghilangkan ketergantungan terhadap sosok Alberto Goncalves, legiun asing sekaligus top skor laskar wong kito di beberapa turnamen terakhir. “Tentu tidak boleh jika terus berharap Beto tampil tajam, bagaimana jika dimatikan lawan. Karena itu di laga ini saya coba beberapa alternatif strategi dan hasilnya cukup baik,” ungkap pelatih asal Brasil ini.
Menurutnya, di babak pertama anak asuhnya tampil dibawah form terbaiknya karena masih beradaptasi dengan pola baru tersebut. “Tapi saya maklum jika mereka bingung, karena di babak pertama banyak pemain baru juga yang dicoba. Saat di ruang ganti, saya kembali berbicara dan hasilnya luar biasa. Semua gol berasal dari sentuhan kerjasama tim,” jelasnya.
Di babak pertama, Lessa memang melakukan beberapa perubahan dengan memainkan Indra Permana di posisi bek kiri sejak menit awal untuk menggantikan posisi Zalnando. Kemudian Hendra Sandi juga dicoba di lini tengah serta Maldini Pali yang membentuk trisula bersama Nur Iskandar dan Beto di lini depan.
“Ketiganya harus kami coba di laga ini, di posisi bek kiri Zalnando sudah mendapat panggilan ke timnas dan katanya dalam waktu yang cukup lama. Lalu Hendra serta Maldini juga diturunkan untuk memenuhi kuota regulasi U22 yang diterapkan di kompetisi nanti,” bebernya.
Di babak pertama, SFC sendiri memang melakukan beberapa perubahan di starting eleven dengan memaikan eks trio Bhayangkara tersebut ditambah Nur Islandar yang menggantikan posisi Hilton Moreira. Sementara di babak kedua, rotasi kembali dijalankan dengan memasukkan pemain yang sebelumnya belum mendapat kesempatan bermain seperti Yohanis Nabar dan Rizky Dwi Ramadhana. “SFC punya 28 pemain saat ini dan saya sudah katakan ke mereka bahwa semuanya punya kesempatan untuk bermain. Saya juga ingin melihat penampilan keseluruhan di 3 laga uji coba, jadi nanti saat pulang ke Palembang saya sudah punya gambaran mengenai tim ini,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait