PALEMBANG — Sejak Mukti Sulaiman memasuki masa pensiun pada Desember lalu, hingga kini jabatan Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Selatan masih diemban oleh Djoko Imam Sentosa sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Lelang Sekda yang rencananya akan dibuka pada akhir Februari, namun nyatanya belum ada perkembangan yang signifikan untuk melangkah ke jenjang pembentukan panitia Seleksi (Pansel).

Diungkapkan Djoko Imam Sentosa, pembentukan pansel masih diproses di pemerintah pusat. “Sedang diproses, Karena anggaran sedang disiapkan, panselnya akan segera di lsampaikan permintaannya (Pusat) karena itu panselnya harus ekstra, harus dari luar pemprov,” jelasnya pasa awak media, Rabu (22/02)

Djoko mengatakan, pembentukan pansel masih menunggu instruksi dari tiga Kementerian yang telah diminta oleh pemprov Sumsel, ketika pansel terbentuk maka tahapan seleksi bisa dimulai. Namun, persoalannya saat ini masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Prosesnya sedang berjalan, kita tidak bisa mengikutinya detik perdetik jadi ditunggu saja,” ujarnya.

Sebelumnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel, Muzakir bahkan menegaskan telah mengantongi izin dari Gubernur Sumsel untuk melaksanakan seleksi tersebut dan selanjutnya pihaknya akan meneruskan terlebih dahulu ke pusat untuk meminta bantuan seperti Pansel yang akan menguji para peserta seleksi. Proses ini sendiri menurutnya tidak terlalu lama.

“Mungkin, awal Maret pendaftaran seleksi terbatas Sekda Sumsel ini baru akan dimulai,” tegasnya.

Pansel ini nantinya, sambung Muzakir, hanya satu yang dari luar yakni dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sisanya nanti dari Sumsel seperti tokoh masyarakat, akademisi dan beberapa lainnya.(juniara)

Artikel Terkait