Sriwijaya FC berambisi untuk mengamankan poin penuh di kandang saat menjamu Persipura FC, Sabtu (14/4)  sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Namun perjalanan tim laskar wong kito ini dipastikan tidak akan mudah. Pasalnya, sang lawan saat ini tengah berada dalam kepercayaan diri tinggi setelah hasil positif di 3 laga sebelumnya.

Persipura saat ini masih menempati pemuncak klasemen sementara dengan torehan 7 poin dari hasil 2 kemenangan dan 1 kali imbang. Bahkan tim asal Papua ini juga mencatatkan diri sebagai tim terproduktif dengan torehan 6 gol hingga pekan ketiga kompetisi Liga 1 Indonesia 2018.

Pelatih Persipura, Peter Butler sendiri mengaku cukup buta dengan kekuatan SFC saat ini. “Saya harus katakan itu, namun saya tahu laga tandang di kompetisi Liga Indonesia sangatlah sulit. Namun dengan hormat, kami hanya akan fokus ke tim sendiri, malam ini saya dan pemain akan menganalisis permainan SFC secara detail,” ujarnya saat sesi pre post match, Jumat (13/4) sore.

Pelatih asal Inggris ini menyebut sejauh ini penampilan anak asuhnya terus membaik. “Kami sudah siap bermain melawan SFC karena persiapan sangat bagus. Saya memang memutuskan melakukan persiapan berbeda di Surabaya, karena perlu diketahui tim ini kehilangan 11 pemain musim lalu, sehingga saya perlu membangkitkan lagi dan saya senang dengan respon yang mereka tunjukkan hingga sekarang,” ungkapnya.

Salah satu pemain Persipura, M Tahir sendiri juga mengaku tidak gentar dan siap meneruskan tren positif walau harus bermain di kandang SFC. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini pun menyindir SFC yang disebutnya sebagai tim asing di Liga Indonesia. “Tidak masalah, di lapangan kami semua sama.  Namun bertemu SFC sama saja seperti bertemu pemain asing,” sindirnya.

Sementara itu, pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan menegaskan anak asuhnya akan tetap bermain maksimal meskipun tanpa kehadiran dirinya di sisi lapangan. Eks pelatih timnas Indonesia ini memang harus absen karena disaat yang bersamaan harus mengikuti kursus kepelatihan A Pro di Yogyakarta.

“Saya pikir tidak akan ada masalah karena saya tetap mendampingi hingga sesi latihan terakhir sebelum pertandingan, yang paling terpenting adalah bagaimana menjaga motivasi pemain. Saya pun akan tetap berusaha mengajukan izin pulang ke Palembang terlebih dulu usai acara pembukaan kursus, namun bila tidak diperbolehkan nanti akan tetap berkomunikasi dengan jajaran pelatih melalui telepon saat sebelum pertandingan, jeda babak pertama nantinya,” bebernya.

Pelatih asal Lampung ini juga menyebut bahwa meski akan kehilangan salah satu pilarnya, Mamadou Ndiaye karena menjalani humukan akumulasi kartu, diririnya tetap optimis skuadnya tetap bermain seperti biasa. “Di laga pembuka dan saat itu kami mesti bertandang ke Samarinda juga tanpa Ndiaye, jadi situasi seperti ini sudah kami perkirakan, antisipasi dan dialami.

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-3-3) : Teja Paku Alam, Alfin Tuaalamony, Hamka Hamzah, Marco Meraudje, Novan Sasongko, Zulfiandi, Syahrian Abimanyu, Makan Konate, Manucechr Dzalilov, Esteban Viscarra, Alberto Goncalves

Cadangan : Sandi Firmansyah, Bio Paulin, Zalnando, Adam Alis, Nur Iskandar, Patrich Wanggai, Yu Hyun Koo

Persipura (4-3-3) : Dede Sulaiman, Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Abduolaiye Maiga, Boas Artururi, Ian Luis Kabes, M Tahir, G Mandowen, Hilton Moreira, Marcel Sacramento, Boas Solossa

Cadangan : Try Goentara, Andri Ibo, David Rumakek, Ricardo Salampessy, Priska Womsiwor, Evraim Toncy, Marcel Silva Kararbo

Artikel Terkait