PALEMBANG — Misi ganda diusung Sriwijaya FC saat menjamu Persiba Balikpapan, Sabtu (3/9) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Selain untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, kemenangan atas Persiba di laga perdana putaran kedua ini akan bermakna lain bagi laskar wong kito.

“Ini kandang kami, tidak boleh ada tim lawan yang mencuri poin penuh disini. Namun untuk mewujudkan hal itu tentu tidaklah mudah, tidak cukup dengan kerja keras namun juga kerja keras. Apalagi Persiba merupakan tim bagus dengan determinasi tinggi, ini akan menjadi laga yang berat untuk SFC,” ujar pelatih SFC, Widodo C Putro saat sesi pre post match, Jumat (2/9) siang di stadion GSJ.

Menurutnya, kemenangan atas skuad Beruang Madu juga akan meningkatkan moral pemain yang di 3 laga terakhir paceklik kemenangan. “Seluruh pemain sudah bertekad melupakan hasil buruk di beberapa laga terakhir, kami pun sudah sepakat bahwa hasil di putaran pertama lalu akan menjadi pemacu untuk berbuat lebih baik lagi kedepannya, kemenangan atas Persiba akan menjadi titik baliknya,” tegasnya.

Diakuinya, untuk mengatasi penyakit SFC yang sering membuang kemenangan yang sudah di depan mata, dirinya bersama tim pelaih sudah menyiapkan 3 cara nantinya. “Tentu yang pertama dengan terus menyerang dan menambah gol, walau cara ini pasti akan sangat beresiko. Namun dengan memperlebar keunggulan akan membuat pemain lebih enjoy di sisa pertandingan,” ungkap pelatih asal Cilacap ini.

Kemudian cara kedua adalah dengan mengendalikan penguasaan bola di lapangan. “Kita harus pegang kendali ball possession, baik untuk memancing lawan keluar atau mendelay permainan di seluruh sudut lapangan nantinya. Namun jika 2 cara ini mentok maka tidak ada jalan lain kecuali parker bus atau bertahan total, para pemain pun sudah dilatih menghadapi situasi ini dan merekalah yang akan menentukan strategi apa yang akan diambil nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Persiba Balikpapan Jaino Matos mengaku di laga ini dirinya mengincar hasil maksimal dan memutus rekor tidak terkalahan tim tuan rumah. “Salah satu hasil evaluasi tim kami di putaran pertama lalu adalah mengenai konsistensi. Saya ingin mereka tetap menunjukkan permainan yang sama meski kini harus bermain tandang, soal materi lawan yang lebih mengkilap menurut saya itu biasa dan kami pernah memperoleh hasil maksimal saat hanya diperkuat pemain lokal saja. Jadi jika mereka mampu menunjukkan kualitas sama seperti saat di kandang maka kemenangan bukan hal yang tidak mungkin bisa kami raih,” ungkapnya.

Jaino pun menegaskan bahwa dirinya pun tetap percaya materi yang dimilikinya saat ini mampu bersaing dengan kontestan lainnya untuk putaran kedua nanti. “Kami mungkin tidak terlalu banyak melakukan perubahan, berbeda dengan tim lain yang sedikit jor-joran. Namun skuad yang ada saat ini terus menunjukkan progress yang meningkat dan bila dibandingkan awal musim, Persiba kini jauh lebih baik,” pungkasnya. (dedi)

Perkiraan susunan pemain :

SFC (4-2-3-1)

Teja Paku Alam, Supardi, Fachrudin, Mauricio, Wildansyah, Yu Hyun Koo, Ichsan Kurniawan, Firman Utina, Rizky Dwi Ramadhana, Hilton Moreira, Alberto Goncalves

Cadangan : Try Hamdani, Ngurah Nanak, Zalnando, Achmad Jufrianto, Anis Nabar, Eka Ramdani, Airlangga Sucipto

Persiba  (4-4-2)

Yoewanto S Benny, Frengky Turnando, Abzor Fauzi, Hermawan, Dirkir Glay, Abdul Aziz, Antonio Telles, Rahel Ardiansyah, Kurniawan Karman, Heri Susanto, Shohei Matsunaga

Cadangan : Alfonsius Kelvan, Asep Budi Santoso, Syamsir Alam, Siswanto, Gideon Way, I Gusti Rustiawan, Bima Sakti

RelatedPost