PALEMBANG — Pasca terjadinya kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) III Palembang, Kapolda Sumatera Selatan memastikan kondisi Lapas III Palembang, Kabupaten Banyuasin kondisinya saat ini sudah aman dan terkendali, meskipun aparat masih tetap disiagakan untuk mengantispasi kerusuhan susulan.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto, kerusuhan yang terjadi di dalam Lapas Narkotika Kelas III Palembang di Serong, Banyuasin, karena ada pungutan liar yang dilakukan oleh petugas Sipir.

Hingga kini satu orang berinisial S dan tujuh orang lainnya yang tergabung dalam satu regu sudah dimintai keterangan, dan apabila memang ada pungutan liar maka akan diberlakukan ketentuan sesuai hukum yang berlaku. Untuk mengantisipasi hal yang sama terjadi ditempat yang lain, maka diminta kepada petugas tidak melakukan pelanggaran.

“Saya minta tidak ada lagi kejadian yang sama ditempat lain, saya akan sebar Saber Pungli biar mencegah hal yang tidak diharapkan tersebut,” tegasnya, Jumat (7/7).

Ia meminta kepada semua jajaran kepolisian dan Lapas ditempat lainnya untuk tetap waspada agar kejadaian yang tidak terulang lagi.

Seperti diketahui, karena kesigapan para petugas terutama bantuan TNI yang secara cepat menggeser pasukannya keloaksi untuk memberikan kemanan, maka dalam kerusuhantidak ada warga binaan yang kabur. Mereka hanya melempari gedung dengan batu dan merusak fasilitas di dalamnya. (juniara)

Artikel Terkait